Sebanyak 103 Lulusan Fakultas Teknik ikut yudisium

UNPATTI,- Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Teknik Universitas Pattimura dalam rangka Penggelaran Sarjana Periode April 2024 pada Senin (22/04) di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

Pelaksanaan penggelaran sarjana ini sesui dengan keputusan Dekan Fakultas Teknik Universitas Pattimura Nomor: 49/UN13.1.6/SK/2024 tentang Penggelaran Sarjana bagi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

103 Lulusan yang mengikuti yudisium periode ini masing – masing 83 lulusan Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota (SPWK) dan 20 lulusan Sarjana Teknik (ST) .

Pemberian setifikat sebagai tanda penghargaan kepada 3 orang lulusan sarjana yang dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude  atas nama:

  1. Like Gloria Pattikawa,ST, NIM. 2020-72-004 Program Studi Teknik Industri dengan masa studi 3 tahun 7 bulan IPK 3,85
  2. Putri Anugrah Rumakat,ST, NIM. 2020-72-008 Program Studi Teknik Industri dengan masa studi 3 tahun 7 bulan IPK 3,62
  3. Roxell E. Manuhutu,ST, NIM. 2020-72-015 Program Studi Teknik Industri dengan masa studi 3 tahun 7 bulan IPK 3,62

Mewakili lulusan, Like Gloria Pattikawa, S.T dalam kesan dan pesanya mengatakan saya berdiri disini untuk mewakili rekan – rekan peserta Yudisium untuk menyampaikan banyak terima kasih kepada pimpinan, dosen dan pegawai tata usaha di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Pattimura Ambon yang senantiasa membantu baik dalam bidang akademik, proses registrasi, bantuan di bidang organisasi kegiatan mahasiswa dan atas segala dukungan pada kegiatan-kegiatan lainnya selama ini.

“Tak lupa kami sampaikan juga rasa terima kasih kepada bapak ibu dosen atas bimbingan, arahan, ilmu dan jasa yang telah bapak ibu dosen berikan. Sekali lagi kepada semuanya kami ucapkan terima kasih. Semoga segala ilmu yang telah kami terima selama ini dapat kami aplikasikan dan sebarkan sehingga bisa berguna bagi sesama. Tentu saja selama proses akademik, kami tidak luput dari kesalahan-kesalahan, baik tutur kata maupun sikap yang kurang berkenan” ungkapnya .

Ia menambahakan Oleh karena itu, dalam kesempatan yang baik ini, atas nama rekan-rekan peserta Yudisium, kami mohon maaf kepada seluruh Pimpinan, Dosen, Pegawai dan seluruh civitas akademik Fakultas Teknik Universitas Pattimura Ambon akan hal tersebut serta mengingatkan seluruh lulusan bahwa momentum ini bukanlah akhir dari perjuangan tetapi merupakan awal perjuangan untuk menggapai apa yang dicita-citakan.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Pieter Th. Berhitu, ST., MT dalam sambutannya menjelaskan bahwa saat ini Fakultas Teknik menghasilkan lulusan yang nantinya akan berkiprah dan berkompetisi di masyarakat dengan predikat sarjana teknik dan sarjana perencanaan wilayah dan kota yang mereka miliki dengan demikian bahwa sebagai pimpinan dan Sivitas Fakultas Teknik merasa bangga kepada para lulusan yang telah berjuang menyelesaikan studinya sampai selesai.

“Ada catatan penting yang perlu diketahui oleh para lulusan bahwa ini bukanlah akhir ini adalah awal dari perjuangan kalian untuk nantinya berkiprah dengan sarjana yang melekat pada kalian para lulusan untuk itu perlu satu hal bahwa bukan hanya mencari pekerjaan tetapi kalian harus menciptakan lapangan  pekerjaan” ungkapnya.

Beliau berharap bahwa apa yang dicapai saat ini adalah perjuangan dan dedikasi kalian tetapi juga perjuangan dan doa orangtua dan berharap perjuangan itu tidak sampai di sini saja kalian akan mencapai yang disebut dengan unggul untuk bagaimana bisa merefleksasikan seluruh ilmu yang dimiliki di Fakultas teknik dan bisa berkiprah di dunia kerja dan di dunia uasaha tetapi yang terpenting kalian harus menjaga etitut, moral dan etika itu menjadi penting untuk kedepan.

Mewakili Rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd, M.Si dalam sambutannya mengatakan proses perkuliahan itu tidak mudah tetapi hari ini kalian dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar sarjana tersebut itu berarti para lulusan bisa melewati suatu proses yang cukup panjang tentunya proses proses itu didukung baik oleh dosen maupun orang tua dan semua orang yang berjasa dalam proses ini dan karna itu jangan perna lupakan proses itu.

Prof. Kakisina menambahkan Ada dua hal yang perlu di titipkan dalam acara ini untuk Fakultas Teknik harus segera membenahi diri untuk Visi Universitas Pattimura bersinar menuju World Class University maka ada dua Fakultas yang  menjadi pilar utama yaitu Fakultas teknik dan Fakultas Perikanan dan Fakultas yang lain mengelilingi dua Fakultas tersebut karna menjadi dua pilar utama.

Diakhir sambutanya Prof. Kakisina berpesan kepada para lulusan bahwa untuk menjadi seseorang yang hebat itu membutuhkan tekanan yang berat saat ini kompetisi semakin ketat karna itu siapa yang mampu berkopetisi maka dia akan bertahan hidup (survive) kalau tidak mampu menyesuaikan diri dengan kondisi yang ekstrim maka dia akan musnah alumni Fakultas Teknik itu luar biasa mereka sementara menantikan anda untuk menggantikan mereka di posisi sosisi yang sangat strategis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *