Sebanyak 78 lulusan FISIP Unpatti di Yudisium

UNPATTI,- Rapat Terbuka Senat Dalam Rangka Yudisium dan Penggelaran Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Pattimura Periode April 2024, berlangsung di Auditorium Lantai III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jumat (19/4). Pada periode kali ini sebanyak 78 lulusan yang terdiri dari 4 program studi, diantaranya Program Studi Ilmu Administrasi Negara sebanyak 25 lululusan, Program Studi Ilmu Pemerintahan sebanyak 12 lulusan, Program Studi Ilmu Komunikasi sebanyak 23 lulusan, Program Studi Sosiologi sebanyak 11 lulusan, ditambah 7 lulusan dengan predikat Pujian / Cumlaude.

Yudisium dan Penggelaran Sarjana dibuka oleh Ketua Senat FISIP Prof. Dr. Zainal Abidin Rengifurwarin, M.Si dilanjutkan dengan pengukuhan lulusan oleh dekan.

7 lulusan Cumlaude dikukuhkan terlebih dahulu oleh dekan, masing-masing:

  1. Frida Mourent, S,Sos, Program Studi Ilmu Sosiologi, IPK 3,99
  2. Sarita Putri, S.Sos, Program Studi Ilmu Sosiologi, IPK 3,97
  3. Esmerallda Robeka Pasanea, S.AP, Program Studi Ilmu Administrasi, IPK 3,85
  4. Megarini Ivonny Sapulette, S.AP, Program Studi Ilmu Admintrasi, IPK 3,78
  5. Tasya Jorin Tupamahu, S.I.Kom, Program Studi Ilmu Komunikasi,k IPK 3,78
  6. Kevin Chriya Siregar, S.I.Kom, Program Studi Ilmu Komunikasi, IPK 3,76
  7. Irayanti Pasaribu, S.AP, Program Studi Ilmu Administrasi, IPK M3,70

“Tentu masih teringat sangat jelas diingatan kita semua bahwa beberapa tahun yang lalu merupakan kali pertama kita semua sama-sama menginjakan kaki ditempat ini, yaitu Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik Universitas Pattimra. Kita semua berangkat dari wilayah asal dan juga latar belakang hidup yantg berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Masih teringat jelas dibenak saya bahwa terdapat pancaran berat hati dan ketidakpercayaan dari keluarga untuk melapaskan saya hidup seorang diri demi menimbah ilmu ditempat ini. Namun atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, pada siang hari ini, saya telah membuktikan kepada keluarga bahwa saya bisa dan mampu untuk dapat berdiri dengan teguh sampai dengan hari ini. Saya juga yakin bahwa walaupun kita semua memiliki latar belakang hidup yang berbeda-beda, namun kita semua memiliki tekad dan tujuan yang sama yaitu LULUS dari Fakultas Ilmu Sosisial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura, serta memiliki kehidupan yang lebih baik lagi dari kehidupan kita yang sebelumnya. ujar lulusan, Frida Mourent, S.Sos saat menyampaikan pesan dan tekat lulusan dengan penuh haru.

Ia menambahkan, mengutip pendapat dari seorang tokoh sosiologi klasik bernama Karl Marx yang mengatakan “Saya memang bukan apa-apa, tetapi saya harus menjadi segalanya” dan Vilfredo pareto yang mengatakan “Kesuksesan bukanlah soal keberuntungan atau peluang; itu adalah hasil dari usaha tanpa henti, pemikiran strategis, dan kemauan yang kuat untuk mengatasi rintangan”. Karena itu saya yakin dan percaya bahwa ilmu serta teladan yang telah diberikan oleh para dosen tidak akan terlewat begitu saja, akan tetapi ilmu dan teladan yang ditanamkan menjadi bekal yang berharga untuk mencapai kesuksesan dimasa yang akan datang.

Dekan FISIP Unpatti, Dr. Wahab Tuanaya, M.Si dalam sambutan mengatakan, 78 lulusan hari ini merupakan sebuah proses akademik dan lewat proses tersebut para lulusan telah dinyatakan memenuhi persyaratan akademik dan diberikan status kelulusan serta diberikan gelar sarjana sesuai dengan nomen klator program studi yang geluti.

“Kami sangat bersyukur atas ketercapaian yang telah diraih oleh para lulusan pada periodesasi ini sehingga telah meraih gelar akademik sesuai dengan bidang yang digeluti”, imbuh dekan.

Beliau menambahkan, jangan pernah puas dengan apa yang telah dicapai, akan tetapi hal ini merupakan awal perjalanan sebagai sarjana baru dan kedepannya tentu akan menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi. Keberhasilan yang diraih saat ini patut untuk disyukuri bersama dengan keluarga, karena semua yang didapat saat ini juga merupakan dukungan serta kerja keras dari keluarga.

Dekan berharap agar para lulusan dapat terus belajar dalam mengembangkan kemampuan ilmu, sehingga pada waktunya dapat bersaing dalam dunia kerja.

“Teruslah semangat, teruslah berkarya karena kita semua sangat mengharapkan agar para lulusan dapat terus berkarya serta dapat memberikan yang terbaik kepada keluarga, masyarakat, almamater, bangsa dan negara ini,”pesan dekan.

Kesempatan yang sama mewakili rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. D. Malle, S.Pt, M.Sc berharap agar ilmu yang sudah didapatkan oleh para lulusan kiranya dapat digunakan dalam dunia kerja yang susuai dengan bidang ilmu masing-masing. Tetaplah berkarya, dan jangan pernah melupakan almamater tercinta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura.

Selamt dan Sukses untuk Sarjana Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#YudisiumFISIPApril2024
#KampusOrangBasudara
#BerkembangDalamTantangan
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *