Yudisium FKIP Unpatti April 2024

UNPATTI,- Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam Rangka Pengukuhan Dan Penggelaran Lulusan Sarjana Periode April 2024 bertempat di Student Center FKIP Unpatti dan PSDKU Kabupaten Aru dan MBD via zoom, Jumat (19 April 2024).

Para lulusan yang dikukuhkan pada Yudisium tersebut sebanyak 295 lulusan dari 22 Program Study termasuk Program Studi diluar Kampus Utama (PSDKU) Kabupaten Aru dan Maluku Barat Daya yakni berjumlah 20 Lulusan.

Maskat Kaminto, S.E, M.Si selaku Ketua Panitia Pengukuhan dan Penggelaran  Yudisium FIKP Unpatti Periode April 2024 dalam laporanya mengatakan kiranya ke 295 lulusan ini kedepanya dapat meraih masa depan yang baik serta mendapat kelancaran untuk menempuh pendidikan lanjutan yaitu Pendidikan Profesi Guru ( PPG ).

Dekan Faklutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prof. Dr. I. H. Wenno, S.Pd., M.Pd. dalam sambutanya mengatakan kepada para lulusan bahwa ketika anda pertama kali menuntut ilmu di FKIP maka anda siap menjadi seorang guru maka diharap kan kepada para lulasa untuk siap mengemban tugas dan tanggung jawab sebaga seorang guru karena untuk tahun 2023 ini Indonesia mengalami kekurangan tenaga pendidik kurang lebih 130.000 guru sementara itu jumlah tenaga Pendidikan Profesi Guru untuk tahun ini berjumlah 26.000 dan jumlah guru yang pensiun di tahun ini mencapai angka 78.000.

“Maka yang diharapkan oleh Pemerintah kepada  Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karier (LPPK) diseluruh Indonesia baik Negeri maupun swasta  di tuntut untuk mengusahakan atau mengupayakan agar setiap lulusan  dapat melanjutkan proses studi pada Pendidikan Profesi Guru (PPG) sehingga dapat melahirkan  guru yang professional”, ungkap Wenno.

Dekan berpesan kepada para lulusan agar wajib untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru dikarnakan program tersebut menjadi salah satu syarat penting untuk menjadi seorang guru dan Pihak pimpinan Fakultas akan mempercepat proses dari para lulusan untuk segera mendapat nomor ijazah sehingga dapat melanjutkan studi pada  Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) yang pendaftaranya akan ditutup pada bulan minggu kedua di Bulan Mei.

Pimpinan Universitas dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Aida Kubangun, S.Pd, M.Pd dalam sambutanya mengatakan keberhasilan hari ini merupakan awal bagi para lulusan menuju ke dunia nyata yang lebih tertantang, untuk beradaptasi di dunia nyata dan  ada hal yang sangat penting yang harus diperhatikan yakni tanggung jawab juga kejujuran karena hal tersebut merupakan nilai esensial yang harus dipegang sebagai seorang tenaga pendidik dan  para lulusan harus mempersiapkan diri untuk mengikuti proses studi  selanjutnya pada Pendidikan Profesi Guru  (PPG). “Apa yang telah dicapai hari ini merupakan kerja keras, perjuangan, doa dan air mata dari orang – orang terkasih terutama orang tua sehingga setelah ini para lulusan haruslah memanjatkan puji syukur dengan sungguh – sunguh kepada Tuhan serta berterimakasih kepada orang tua atas segala kasih sayang serta dukungan kepada para lulusan sehingga bisa ada ditahap ini”, sambung Nur Aida.

Dr. Nur Aida Kubangun, S.Pd, M.Pd berharap nantinya kedepan akan ada banyak tantangan yang dihadapi maka itu para lulusan dituntut untuk mempersiapkan diri  sedini mungkin untuk meraih keberhasilan dan masa depan yang lebih baik.

Kesan dan pesan dari salah seorang lulusan mengakhiri kegiatan yudisum yakni Syahdania Aini Ngadjen, S.Pd meyampaikan pesan penting  kepada para lulusan yaitu manfaatkanlah setiap kesempatan yang ada didepan kita serta berjuang dengan gigih, pantang menyerah dan selalu berani menghadapi tantangan.

 Kesuksesan akan menunggu kalian pada pertarungan sebenarnya didunia nyata. Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *