CDC Unpatti gandeng PASKER gelar Seminar Persiapan Karir

UNPATTI,- Career Development Center Universitas Pattimura bekerjasama dengan Sekertariat Jenderal Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Seminar Persiapan Karir dengan tema “Persiapan Memasuki Pasar Kerja di Dunia Digital”, yang berlangsung di Aula Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Jumat (19 April 2024).

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari masing-masing fakultas bertujuan untuk memberikan informasi mengenai dunia kerja serta mempersiapkan para mahasiswa dalam memasuki pasar kerja.

Narasumber yang dihadirkan Nikira D. Dewati, M.Par, MITHM (Analis Tenaga Kerja Kemnaker RI) dengan materi “Persiapan di Dunia Digital”., Dr. Harmanus batkunde, M.Si (Ketua CDC Unpatti) materi yang dibawakan “CDC dan Persiapan Karir Alumni/Calon Alumni”., Prof. Dr. Natelda Timisela, M.P (Ketua Divisi Expo dan Job Fair CDC Unpatti) materi yang dibawakan “Persiapan Mahasiswa Menghadapi dan Memasuki Dunia Kerja di era Digitalisasi” dan Lisa Souisa (Kep. HR & GA PT. Hasjrat Abadi Cabang Ambon) dengan materi “5 Tips Mencari Kerja di Era Digital”.

Rektor Universitas pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd mengatakan kegiatan yang dilakukan saat ini sangatlah penting karena menghadirkan para narasumber dari berbagai latar belakang yang berbeda. Kegiatan ini tentu berpusat bagi mahasiswa di perguruan tinggi untuk menghadapi persiapan pasar kerja. Perguruan tinggi merupakan pendidikan formal dimana para mahasiswa dipersiapkan untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus bagaimana mempersiapkan diri untuk terjun ditengah masyarakat. “Kita harus merubah konsep hidup untuk mencari kerja, tetapi semestinya kita dapat mengubah mindset untuk bagaimana menyiapkan atau menciptakan peluang pekerjaan. Karena selama ini yang kita tanamkan dalam diri kita adalah mencari kerja, padahalah jika kita mempunyai kemampuan pengetahuan, keterampilan, karakter dan skil yang didapat selama berkuliah ataupun pengalaman yang diperoleh dari organisasi, magang maupun lainnya tentu menjadi sebuah dasar untuk menciptakan sebuah lapangan pekerjaan tetapi juga menjadi seorang wirausaha muda”, ujar rektor.

Melalui kegiatan ini rektor berharap agar para mahasiswa dapat menerima apa yang disampaikan oleh para narasumber sehingga kedepannya mampu menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi wirausaha muda yang berkualitas.

Sukses untuk kerjasama yang dibangun.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#CDCUnpatti-PASKER.ID
#KampusOrangBasudara
#BerkembangDalamTantangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *