Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Pattimura 2024

UNPATTI,- Universitas gelar kegiatan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Pattimura  pada Kamis, 4/4 Bertempat di Aula lantai dua Gedung Rektorat Universitas Pattimura.

Peserta yang mengikuti seleksi ini berjumlah Sembilan orang delegasi dari Sembilan Fakultas dilingkup Universitas Pattimura.

PILMAPRES atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Dengan fokus program Sarjana dan Diploma.

Ketua Panitia seleksi PILMAPRES Tingkat Universitas Pattimura Amjad Salong, S.Pd, M.Pd dalam laporanya menjelaskan bahwa kegiatan  seleksi PILMAPRES adalah kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Pusat Prestasi Nasional  Kemendikbudristek maka dari itu diharapkan agar setiap Fakultas yang mengikuti kompetisi agar mempersiapkan mahasiswanya dengan sangat baik karna persiapan yang kurang baik akan mempengaruhi kemampuan mahasiswa.

Dikatakan bahwa tujuan penyelenggaraan Kompetisis ini pertama untuk menguatkan kesadaran pengelolaan kampus untuk memfasilitasi kreatifitas mahasiswa melalui kegiatan interparkriet, kopigret dan ekstrakulikuler, kedua meningkatkan kesadaran pengelolaan kampus dalam memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, ketiga meningkatkan jumlah gagasan kreatif mahasiswa.

“Pada hari ini akan dilaksanakan seleksi bagi kesembilan peserta ditingkat universitas dan selanjutnya bagi yang lolos seleksi ini akan diikutsertakan pada seleksi tingkat wilayah yang akan di selenggarakan oleh Badan Dikti dan bagi pemenang seleksi wilayah akan diikut sertakan pada kompetisi tingkat Nasional 24 sampai 28 juli di Universitas Negeri Gorontalo”, jelas Salong.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutanya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan kita selaku sivitas akademika dan tenaga kependidikan di Unpatti punya tanggungjawab yang besar untuk menghasilkan para mahasiswa yang berkualitas baik dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi didalam  proses Tridharma Perguruan tinggi serta juga mempersiapakan mereka menjadi calon pemimpin bangsa yang mampu beradaptasi dengan perkembangan yang ada dan  mampu bersaing disemua ajang. “Penguasaan dan adaptasi yang baik serta mampu berkompetisi di era perkembangan Ilmu Pengetahuan, Informasi dan Teknologi adalah barometer bagi keberhasilan mahasiswa, dan  kepada para dosen agar dapat melakukan proses pembimbingan dan pembinaan  secara baik dan konsisten agar dapat mempersiapkan mahasiswa yang mampu dan siap berkompetisi baik di tingkat regional maupun Nasional serta berharap kepada para peserta yang lolos agar mampu membawa serta mengharumkan nama institusi ini di kancah Nasional serta tetap mengasah kemampuan yang ada sehingga bukan saja di kancah nasional tetap kedepanya nama Unpatti dapat di harumkan dikancah yang lebih tinggi lagi”, ungkap Rektor.

Sementara itu juga dalam arahan singkat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nur Aida Kubangun, S.Pd, M.Pd menyampaikan kepada para peserta bahwa sehubungan dengan telah melakukan seleksi ditingkat fakultas maka seluruh proses dan tahapan seleksi ditingkat universitas dapat dilakukan dengan penuh persiapan yang sangat baik, matang dan tenang serta untuk para Dewan Juri agar tetap semangat dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

Kegiatan seleksi mahasiswa berprestasi tersebut diikuti oleh Sembilan peserta dari sembilan fakultas yakni Kezia Devianty Samloy dari Fakultas KIP, Emanuel Marthen Embuai dari Fakultas MIPA, Victory Josef Pay dari Fakultas Pertanian, Noch Lorensius Fatruan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Lusanra Jacqueline Tutkey dari Fakultas ISIP, Kristian Marius Maturbong dari Fakultas Hukum, Loissa Gloria Rijoly dari Fakultas PIK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *