PEMBEKALAN KKN : Mahasiswa KKN Unpatti Bergerak Serentak Mewujudkan Literasi Yang Unggul di MALUKU

UNPATTI,- Pembekalan bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 50 Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024 dilaksanakan secara Hybrid di Auditorium Fakultas MIPA Unpatti yang  diikuti oleh perwakilan setiap Fakultas dan melalui Meeting Zoom serta kanal Youtube, berlangsung dari Tanggal 4-5 April 2024. “Membangun Desa Melalui KKN” menjadi Tema KKN  dan Sub Tema “Mahasiswa KKN Unpatti Bergerak Serentak Mewujudkan Literasi Dan Numerasi Yang Unggul di MALUKU”.

Ketua TIM Mata Kuliah KKN Unpatti, Dr. S. P. Ritiauw, S.Pd, M.Pd dalam laporannya mengatakan, mata Kuliah KKN merupakan salah satu program mata kuliah wajib dari peraturan akademik universitas pattimura  yang perlu diimplementasikan oleh setiap mahasiswa dilingkup Unpatti.  KKN unpatti Angkatan 50 Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024 diikuti oleh 1.321 mahasiswa yang dilaksanakan dengan skema yaitu, KKN Reguler, KKN Tematik Kelompok, KKN Tematik Individu, dan KKN Profesi. Untuk KKN Reguler, mahasiswa KKN tersebar pada 90 lokasi di Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku, KKN Tematik Kelompok yang diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari Fakultas Teknik tersebar di 9 lokasi, KKN Tematik Individu 237 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, dan KKN Profesi diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) yang tersebar di 31 lokasi. Harapannya, melalui kegiatan KKN, Mahasiswa Unpatti dapat bergerak serantak mewujudkan Literasi Dan Numerasi Yang Unggul di MALUKU.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, tema dan sub tema yang diangkat pada KKN kali ini menjadi penting mengingat universitas pattimura memiliki pusat studi desa yang dalam pengelolaan kedepan harus memiliki data terkait potensi desa, baik itu sumber daya manusia maupun sumber daya alam, yang nantinya dapat dikelola dan dikembangkan berbasis digitalisasi. Proses KKN merupakan salah satu cara sosialisasi yang nyata untuk menunjukan bahwa mahasiswa unpatti mampu bekerja cerdas, creative dan terampil untuk melakukan berbagai inovasi dalam mengelola potensi desa yang ada untuk memberikan perubahan demi pengembangan desa kedepan. “Kemampuan  mahasiswa KKN dalam bersosialisasi maupun mengimplementasikan ilmu di tengah-tengah masyarakat menjadi salah satu tindakan nyata dalam mensosialisasikan universitas pattimura, sehingga masyarakat dapat mempercayakan anak-anakanya untuk  melanjutkan studi di universitas pattimura”, tutup rektor. Rektor berharap, mahasiswa KKN Unpatti dapat bergerak bersama memberikan edukasi kepada masyarakat dan berperan aktive dalam pengembangan desa sesuai dengan bidang keilmuan untuk mewujudkan Literasi Yang Unggul di MALUKU.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan atribut KKN kepada perwakilan mahasiswa, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, Hussein, S.Pd. M.Pd “Peran Pemerintah Daerah dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerik di Provinsi Maluku”., Dekan FKIP Universitas Pattimura, Prof. Dr. I. H. Wenno, S.Pd.,M.Pd “Strategi Peningkatan Kemampuan Litersi dan Numerik Peserta Didik di Provinsi Maluku., Wakil Rektor Bidang Akademik,  Prof. Dr. Dominggus Malle, S.Pt.,M.Sc “ Peran Mahasiswa Universitas Pattimura Dalam Membangun Masyarakat Dengan Literasi Dasar”., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. Salakory, M.Kes “Etika Dalam Kehidupan Bermasyarakat”., Ketua Tim Mata Kuliah KKN Unpatti, Dr. S. P. Ritiauw, S,Pd.,M.Pd “Orientasi Program KKN Unpatti (Identifikasi, Implementasi dan Target Prioritas Program KKN)”., Kordinator Bidang Publikasi dan Luaran, Dr. Hendry Selano,S.Sos., M.Si “Petunjuk Teknis Pelaksanaan KKN”., Kordinator Bidang Kurikukum dan Akademik, Dr. Kevin Tupamahu, S.E., M.Sc “Pelaporan, Evaluasi dan Luaran Kegiatan KKN”

Direncanakan Penetapan Mahasiswa KKN dilakukan pertengahan April 2024.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PEMBEKALANKKN:MahasiswaKKNUnpattiBergerakSerentakMewujudkanLiterasiYangUngguldiMALUKU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *