“Unpatti Unggul Untuk Generasi Emas Indonesia” – Pencanangan Dies Natalis Universitas Pattimura ke-61

UNPATTI,- Pencanangan Dies Natalis Universitas Pattimura ke-61 digelar Jumat 8 Maret 2024. “Unpatti Unggul Untuk Generasi Emas Indonesia” menjadi tema Dies Natalis ke-61. Kegiatan Pencanangan ditandai dengan pelepasan balon gas dengan banner Slogan Dies Natalis dan pelepasan burung merpati oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dan di damping oleh Ketua Senat,  para pimpinan Universitas, Fakultas, Lembaga, dan Pascasarjana yang diiringi oleh totobuang, dan berlangsung di Lapangan Upacara Universitas Pattimura.

Sebelumnya acara diawali dengan pengambilan api obor dies natalis yang berpusat di lapangan merdeka Ambon. Penyalaan api obor dilakukan secara tradisional melalui  gesekan bambu, dan dinyalakan oleh ketua panitia Dies Natalis, Prof.  Dr. Albertus Fenanlampir, S.Pd, M.Pd, AIFO dan diserahkan kepada pj. Walikota Ambon Drs. Bodewin. M. Wattimena, M.Si selanjutnya api obor diserahkan kepada salah satu mantan Rektor Dr. Mus Huliselan, DEA dan kemudian dilakukan parade dan estafet obor oleh perwakilan dari masing-masing fakultas dan pascasarjana menuju lapangan Upacara Universitas Pattimura. setelah itu api obor diterima oleh Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Prof. Dr, I.H. Wenno, S.Pd.,M.Pd selaku tuan rumah pelaksaan dies natalis ke-61. Dekan menyerahkan obor tersebut kepada Rektor Universitas Pattimura dan rektor menyalakan obor utama dies natalis yang berada di lokasi lapangan upacara universitas pattimura.

Mantan Rektor Unpatti, Dr. Mus Huliselan, DEA dalam sambutan mengatakan, saat ini semua perguruan tinggi berada pada suatu proses persaingan untuk mencapai keunggulan, bukan hanya unggul secara nasional tetapi juga secara internasional. Karena itu melalui tema dies natalis ini tentu menjadi sebuah tantangan untuk bagimana berjuang bersama-sama kedepan yang sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Pattimura yaitu berkarakter dan berbudaya kepulauan. “Untuk mencapai hal tersebut tentu membutuhkan perjuangan dan kerjasama bersama agar pendidikan Universitas Pattimura semakin unggul”, ungkap Dr. Mus Huliselan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sarana sinergitas dan kolaborasi antara para pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dunia profesional dan masyarakat umum., sarana menampilkan bakat terbaik dalam berbagai kajian akademik, olahraga, seni budaya, kreatifitas dan entrepreneurship untuk bekal masa depan  menuju generasi emas Indonesia, serta sarana silaturahmi antar keluarga besar universitas pattimura dan juga masayarakat. Unpatti Unggul untuk generasi emas Indonesia menjadi tema pada dies natalis kali ini,  dengan moto bakukele manggurebe bikin prestasi, diharapkan sivitas akaedmika datp terus bergandengan tangan untuk memajukan unpatti” hal ini disampaikan Ketua Panitia Dies Natalis Universitas Pattimura Prof. Dr. A. Fenanlampir, M.Pd., AIFO dalam pencanagan dies.

Prof. Fenanlampir mengungkapkan pelaksanaan pencanagan dies natalis dibagai menjadi dua sesi, sesi pertama penyalaan obor dies berlangsung di Pattimura Park Kota Ambon dan disesi kedua yakni pencanangan dies bertempat di lapangan upacara Unversitas Pattimura. berbagai kegiatan dalam rangkaian dies natailis akan terus berlanjut hingga  pada puncak dies natalis di tanggal 23 April 2024.

Beliau berharap, kiranya dengan terlaksana kegiatan ini dapat menciptakan generasi unggul diberbagai bidang serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan pada akhirnya menghasilkan kualitas lulusan yang relevan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.    

Rektor Universitas Pattimura dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi pencanangan dies natalis mengatakan, tema yang diangkat dalam dies natalis unpatti ke-61 yakni,  Unpati Unggul Untuk generasi emas Indonesia, dapat memberikan semangat kepada sivitas akademika unpatti untuk terus menumbuhkan kesadaran kolektif, bersama-sama bergandeng tangan dengan tekat menciptakan  Unpatti Unggul, bersinar,  Menuju world class university.

“Saya mengajak kita semua seluruh Sivitas Akademika Unpatti dengan tekat yang kuat, kita wujudkan Unpatti yang Unggul dengan segala potensi yang dimiliki untuk pengembangan tridharma Perguruan Tinggi  yakni pendidikan dan pengajaran,  Penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dengan semangat hotumese unpatti terus berkontribusi memberikan inovasi terbaik dalam pengembangan pendidikan. Unpatti sebagai Kampus Orang Basudara menjadikan Unpatti sebagai rumah bersama kita untuk menciptakan,  generasi emas Indonesia,” tutup rektor.

 “Sebagai kampus  orang basudara mari kita  memajukan kampus ini dengan berfokus kepada Tridarma perguruan tinggi. Agenda kegiatan dies natalis ke-61 berorientasi kepada kegiatan akademik, sehingga melalui seluruh kegiatan dies natalis dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan  universitas pattimura kedepannya” ungkap Dekan Fakultas KIP, Prof. Dr. I. H. Wenno, S.Pd., M.Pd

Dekan berharap, pencanangan dies natalis yang diawali dengan penyalaan dan estafet  obor dies merupakan simbol semangat dari sivitas akademika universitas pattimura untuk terus berkembang dan memajukan unpatti dengan berfokus kepada tridarma perguruan tinggi  untuk memberikan kontibusi dengan berbagai inovasi dan kreativitas guna menghasilakan generasi muda yang berkaraker, mandiri dan unggul.

Acara pencanangan dies natalis ini dimeriahkan dengan sunguhan seni,  senam erobik dan dilanjutkan dengan permainan King atau Bingo.

Kegiatan ini semakin meriah karena dihadiri oleh Fokorpimda Provinsi Maluku, Seluruh Sivitas Akademika dan tenaga kependidikan dalam lingkup Universitas Pattimura, para sesepuh, stage holder serta tamu undangan lainnya.

Berbagai kegiatan  yang akan dilaksanakan  dalam rangka peringatan dies natalis ke 61 diantaranya Sehari Mengabdi Kepada Masyarakat, Dialog Interaktif, Pattimura Expo, hingga puncak dies natalis pada tanggal 23 April 2024.

Hotumese!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PencananganDiesNatalisUniversitasPattimurake-61

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *