Penguatan Kerjasama Universitas Pattimura dengan Vrije Universiteit

UNPATTI,- Menjalin kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi dari luar menjadi suatu  kebutuhan perguruan tinggi untuk mendukung pengembangan akademik, riset, kompetensi sumberdaya manusia dan lulusan, meningkatkan kualitas pendidikan sehingga setara dengan pendidikan internasional, serta dapat meningkatakan reputasi Universitas secara internasional.

Vrije Universiteit Amsterdam menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang telah melakukan kerjasama dengan Universitas Pattimura sejak tahun 2020.

Selasa, 13 Februari 2023  Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi Dr. Ruslan Tawari, M.Si., Ketua Internasional Office Jonny Latuny, S.T, M.Eng, Ph.D, menerima kunjungan Wendelien Tuijp, Manajer Program Kerjasama Vriej Universiteit dan Prof Fridus Steijlen yang merupakan salah satu Tenaga Pengajar Profesional Asing di Universitas Pattimura.

Pertemuan dimaksudkan untuk lebih memperkuat kerjasama Vrije Universiteit dan Universitas Pattimura, melalui rencana pelaksanaan program Mobility Grant yang merupakan suatu program kerjasama kemitraan antara Vrije Universiteit Universitas Gadjah Mada dan Universitas Pattimura. Implementasi Program ini berupa pertukaran dosen, pelaksanaan Focus Group Discussion dan program akademik lainnya. Dan untuk awal pelaksanaannya disasarkan pada fakultas ISIP dan Kedokteran dan diharapkan akan berkembang dan berkolaborasi juga dengan berbagai fakultas di Universitas Pattimura.

Program Mobility Grant digagas bersama saat kunjungan delegasi Universitas Pattimura dari Internasional Office, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas ISIP dan Fakultas Kedokteran ke Vriej Universiteit tahun 2022.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd mengapresiasi pertemuan dengan perwakilan dari Vrije Universiteit (VU), Wendelien Tuijp, selaku Manajer Program Kerja Sama. “Program Mobility Grant, yang akan dilaksanakan antara Vrije Universiteit Program tersebut merupakan implementasi kerjasama Mou dan Implementation Arrangement selama tahun 2020 – 2025, dan diharapkan MoU ini sepenuhnya mendukung tridarma dan bisa sampai pada riset bersama yang hasilnya dapat dipublikasikan. Sasaran kerjasama ini juga diharapkan dapat berjalan baik dan melibatkan semua fakultas yang ada di Universitas Pattimura dan yang terutama adalah mampu menunjang Indikator Kinerja Utama Universitas Pattimura,” ujar rektor.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi Dr. Ruslan Tawari, M.Si berharap agar kerjasama yang terbangun ini hendaknya menjadi komitmen bersama yang mampu memberikan manfaat demi pengembangan tridarma  dan mampu menghasilkan riset yang unggul dan  berbagai solusi inovatif

Ketua Internasional Office Jonny Latuny, S.T, M.Eng, Ph.D, menjelaskan bahwa ketertarikan mereka untuk melakukan Program Mobility Grant dengan Universitas Pattimura karena Vrije Universiteit (VU) sebagai salah satu Perguruan Tinggi di negara maju ingin mempelajari bagaimana negara-negara berkembang melakukan pelayanan terhadap masyarakat, termasuk di Maluku yang memiliki wilayah kepulauan dan ini menjadi hal yang menarik untuk dipelajari dan lebih jauh  dapat melakukan kolaborasi riset,” tuturnya

Windelien Tuijp berkesempatan mengunjungi Fakultas Kedokteran dan Fakultas ISIP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *