Klinik Penulisan Proposal Kreativitas Mahasiswa Fatek

UNPATTI,- Tim Pengelola Klinik Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Teknik melaksanakan Klinik Penulisan Proposal PKM  dan pengumuman pemenang penulisan proposal PKM berlangsung secara daring pada, Rabu 7 Februari 2024. Program Kreativitas Mahasiswa menjadi salah satu fokus Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik untuk mendorong capaian prestasi mahasiswa dan upaya memperkuat kualitas proposal PKM.

Saat membuka kegiatan Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan dan Alumni, Dr. Nur Aida Kubangun, S.Pd., M.Pd dalam sambutan mengatakan, kegiatan Klinik Penulisan proposal PKM merupakan salah satu kegiatan yang mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja keras, produktif, dan berdaya saing tinggi. PKM mendorong mahasiswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berfikir, mendapatkan pengalaman praktis, dan kesempatan untuk mengembangakan diri.

“Kegiatan yang dilakukan ini juga sekaligus  mendung visi dan misi rektor unpatti, yakni menjadikan unpatti Unggul, Bersinar, Menuju  World Class University,  dimana melalui kegiatan ini dapat mempersipakan sumber daya manusia yang mampu bersaing di ranah nasional maupun internasional, dan tentunya dengan dukungan semua pihak baik dosen maupun orang tua,” ujarnya.

Ketua Tim Pengelola Klinik Progam Kreativitas Mahasiswa Fakultas Teknik, Ir. Reiko Siahainenia S.T, M.T, dalam laporannya mengatakan, Klinik Proposal PKM 2024 yang dilaksanakan ini merupakan tindaklanjut dari upaya sistematis yang dilakukan untuk menghimpun proposal PKM, memperbaiki/merevisi, dan kemudian mendorong untuk mengunggah proposal yang berkualitas pada website Belmawa DIKTI. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam membuat proposal PKM. Puncak dari upaya yang dilakukan adalah menyelenggarakan lomba Penulisan proposal PKM dan diikuti oleh 32 kelompok PKM yang berlangsung sejak 26 November 2023-14 Januari 2024. Pelaksanaan penilaian proposal dilakukan secara teliti dan komprehensip sejak tanggal 9 -16 Januari 2024 oleh Tim Juri.

Harapnya, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas proposal mahasiswa dan kepada para pemenang untuk terus  menggali ide yang inovatif dan kreatif sehingga proposal yang dibuat dapat lolos ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik, Johan M. Tupan, ST, MT memberikan apresiasi kepada TIM Pengelola Klinik dan dosen pendamping yang senantiasa memberikan motivasi untuk terus mengembangkan minat dan bakat menulis mahasiswa. “Fakultas Teknik berkomitmen menjamin kualitas mahasiswa untuk terus berprestasi dalam bidang akademik maupun non Akademik.  Dengan demikian kegiatan ini akan dilakukan setiap tahunnya, sehingga hal ini akan menjadi budaya untuk membangun suasana akademik yang mengacu kepada kreativitas dan inovasi mahasiswa,” ungkapnya.

Kegaitan ini di lanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba Penulisan Proposal PKM Fakultas Teknik, penyampaian catatan koreksi proposal dan diskusi klinik.

Para pemenang lomba, yakni :

Juara Umum :

  1. Muhamad Rizal Rahum, Teknik Sipil.  “Penerapan Teknologi Biopori Di Kelurahan Tihu, Kota Ambon Sebagai Upaya Mengurangi Genangan Air Hujan, Pemanfaatan Limbah Organik, Dan Konservasi Air”
  2. Lasro Pandapotan Simanullang, Teknik Sistem Perkapalan. “Otomatisasi Sistem Penerangan Rumpon Nelayan Di Maluku Menggunakan Remote Frekwensi Radio VHF”
  3. Brahma Jesayas Bau, Teknik Kimia “Pemanfaatan Air Perasan Daun Pepaya Sebagai Pembalut Luka Dengan Menggunakan Metode Elektrospining”

Juara Favorite :

  1. Selvines Aljems Salatutin, Teknik Kimia. “Pemanfaatan Senyawa Besi Oksida (Fe203) Dari Hasil Ekstaksi Batuan Vulkanik pulau Ambon Untuk Aplikasi Enhance Oil Recovery (EOR)”
  2. Puan Maryam Leaongso, Teknik Industri. “Edukasi Penerapan Quick Response Code (QR Code) pada penjual Sayur di Pasar Mardika”
  3. Marlen Vilian Huwae, Teknik Geologi. “Studi Karakteristik Batuan Silisiklastik Daerah Allang Maluku Tengah”.

“Satu Suara Untuk Fatek Juara”

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
# KlinikPenulisanProposalKreativitasMahasiswaFatek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *