Persiapan SNPMB 2024, Unpatti Gelar Sosialsisasi

UNPATTI,- Universitas Pattimura  menggelar Sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 menghadirkan narasumber Bekti Cahyo Hidayanto, S.Si, M.Kom selaku Sekretaris Eksekutif SNPMB dan diikuti oleh para Dekan, para Ketua Jurusan/Prodi Universitas Pattimura, para Kepala Sekolah, Guru serta siswa-siswi se Provinsi Maluku. Sosialisasi berlangsung secara daring pada Rabu (24/1/2024).

Kegiatan sosialisasi SNPMB Tahun 2024 bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada calon mahasiswa dan masyarakat umum  mengenai proses penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini. Kegiatan ini dirancang untuk memastikan bahwa para calon mahasiswa dan stakeholder terkait memiliki pengetahuan yang cukup mengenai, persyaratan tahap seleksi, tata cara pendaftaran, dan informasi penting lainnya mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru. Sosoilasi ini dapat membatu meningkatkan partisipasi calon mahasiswa memastikan bahwa mereka siap mengikuti proses seleksi dan memberikan gambaran yang jelas mengenai apa yg diharapkan selama proses penerimaan.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan,  Sosialisasi SNPMB merupakan moment penting terkait dengan persiapan seleksi nasional  penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 dan merupakan salah satu  akses informasi yang dapat diketahui  oleh para kepala sekolah, guru maupun para siswa serta masyarakat umum, untuk menghindari agar  tidak terlambat mendaftar akun SNPMB.

Rektor juga mengatakan, Provinsi Maluku sering kali mengalami kendala di sekolah-sekolah yang tidak melakukan update di Pangkalan Data Siswa (PDSS) sehingga kemungkinan terjadi kesulitan untuk membuat akun SNPMB.  Sekolah maupun siswa harus mendaftar di Pangkalan Data Siswa (PDSS) dan memiliki akun SNPMB untuk dapat mengikuti seleksi SNBP maupun SNBT. Sosilisasi ini akan memberikan pemahaman terkait mekanisme mulai dari proses pendaftaran, jadwal  pelaksanaan seleksi sampai pengumuman hasil seleksi sehingga sekolah maupun siswa tidak terlambat untuk mendaftarakan akun.

Dikatakan Unpatti memiliki 74 program studi sarjana (S1), 17 prodi program magister dan 4 prodi program doktor. Paran para siswa yang dapat memilih salah satu program studi yang ada universitas Pattimura sesuai dengan bakat dan minat masing-masing siswa. Rektor berharap, semua pemaparan materi yang disampaikan dapat di simak oleh para kepala sekolah, guru dan siswa sehingga semua proses dapat berjalan dengan baik.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si menyambut baik sosialisasi SNPMB yang diselenggarakan oleh Unpatti. Beliau  menjelaskan, SNPMB yang dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BBPPP) memiliki 2 jalur yaitu, Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi dan Seleksi Nasional berdasrkan Tes. Dari ke2 jalur ini memiliki prosedur yang berbeda yaitu memberikan kesempatan kepada para siswa sesuai dengan kriteria masing-masing jalur untuk menjadi mahasiswa pada Perguruan Tinggi yang di pilih. “ Khusus untuk Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tentunya ini kesempatan emas bagi para siswa guna menjadi mahasiswa pada jurusan dan universitas favoritnya yang dinilai berdasarakn prestasi akademik maupun non akademik yang diperolehnya selama menjadi siswa. Demikian pula Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tentunya memiliki persyaratan dan prosedur tersendiri’Ungkapnya.

Dr. Insun berharap, para kepala sekolah, guru maupun siswa dapat memperhatikan semua materi yang disampaikan oleh narasumber dengan seksama sehingga dapat pamahami setiap  persyaratan, prosedur dan jadwal dari masing-masing jalur dengan demikian  para siswa dapat terakomodir di kedua jalur sesuai dengn potensi, minat dan bakat.

Dalam sesi materi yang sampaikan oleh Sekretaris Eksekutif SNPMB Bekti Cahyo Hidayanto, S.Si.,M.Kom dan di pandu oleh moderator Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Joseph Pagaya, M.Kes, Bekti menjelaskan sistem seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri 2024 terkait fungsi dan tujuan SNPMB, Jalur dan Kuota, pembuatan Akun SNPMB, apa saja persyaratan yang harus dipersiapkan, PDSS, ketentuan pemeringkatan siswa, tahapan SNBP, pemilihan prodi, jadwal , materi UTBK, pelaksaan UTBK sampai bagaiaman siswa dapat melamar KIP Kuliah. Semua informasi yang disampaikan oleh narasumber diharapkan dapat di pahami oleh semua peserta sehingga kesempatan mendaftar masuk ke Perguruan Tinggi Negeri dapat berjalan sesuai dengan prosedur dan banyak siswa dari Maluku yang lolos melalui jalur SNBP maupun SNBT

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PersiapanSNPMB2024UnpattiGelarSosialsisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *