“Gerakan Mahasiswa Dalam Mewujudkan Kampus Sebagai Honai Ekologis – Seminar Ekologi DPM Unpatti”

UNPATTI,- Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Patimura menggelar Seminar Ekologi dengan tema Gerakan Mahasiswa dalam Mewujudkan Kampus Sebagai Honai Ekologis pada Rabu 17/1 di Ruang Senat Universitas Pattimura. Gerakan ini juga mau mengajak seluruh mahasiswa untuk bagaimana dapat menjaga serta melestarikan lingkungan dengan baik.

Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa yang di wakili Ketua Komisi Kelembagaan M. Fahri Ngabalin Dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi anak muda tentang arti pentingnya pemanfaatan lingkunga serta akibat dari eksploitasi alam yang berlebihan. Dijelaskan bahwa kota Ambon terkonfirmasi ada sekitar 500 lebih calon anggota yang kemudian bisa kita presentasikan 1 calon dapat mencetak lebih dari 50 banner dan spanduk. Itu berarti dapat menyumbang sampah yang cukup besar dan juga akan berdampak buruk bagi lingkungan Kota Ambon.

Dikatakannya, dari beberapa sumber yang dibaca Kota Ambon pada Tahun 2022 sampai 2023 telah menyumbang sampah sekitar 90.000 ton per tahun dan ini harus menjadi perhatian kita semua.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. F. Leiwakabessy, S.Pd, M.Pd dalam sambutanya sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut mengungkapkan unpatti dalam menyikapi isu – isu lingkungan melihat hal tersebut dalam dua adspek yakin Metigasi dan Adaptasi. Metigasi itu sendiri memilik arti yaitu menyiapkan diri dalam menghadapi perubahan – perubahan iklim yang berdampak langsung pada kehidupan umat manusia, sementara Adaptasi memilik arti yaitu mampu bertahan didalam proses perubahan iklim lingkungan tersebut.

Rektor mengatakan pengetahuan tentang pemanfaatan sumberdaya alam yang baik serta ramah lingkungan sangatlah penting, sebab pemanfaatan lingkungan yang kurang baik akan sangat berpengaruh bagi keberlangsungan kesejahteraan  hidup kita kedepan seperti pemakaian bahan fosil yang berlebihan dapat melepaskan banyak unsur CO2 yang dapat menyebabkan polusi, pengelolaan sampah yang buruk dan lain sebagainya.

Rektor berharap dengan terlaksanya kegiatan ini  mahasiswa selaku generasi muda dapat memahami arti pentingannya pemanfaatan lingkungan serta dapat menjaga kelestarian lingkungan baik dirumah, kampus serta yang terpenting adalah dapat menjaga serta menciptakan lingkungan Universitas Pattimura sebagai Honai Ekologi.

Kegiatan Seminar pemberian materi terkait dengan Pemanfaatan Lingkungan oleh Dr. Irwanto, S.Hut, M.P,  Akibat Dari Eksploitasi Alam yang berlebihan oleh A. J. Hehamahua, AP., M.Si serta Peran Serta Generasi Muda Dalam Menghadapi Perubahan – Perubahan Lingkungan, oleh Gadri. R. Attamimi S.Pi, M.Si. Kegiatan ini diikuti oleh DPMU, DPMF, Unit Kegiatan Mahasiswa , Mapala dalam lingkup Universita Pattimura dan aktivis lingkungan lainya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *