GJM FPIK Unpatti Laksanakan Audit Surveillance dan Perluasan Ruang Lingkup SNI – ISO 21001:2018

UNPATTI,- Gugus Jaminan Mutu Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan Universitas Pattimura melaksanakan kegiatan Audit Surveillance dan Perluasan Ruang Lingkup SNI – ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Operational Pendidikan (SMOP), yang berlangsung di Ruang Seminar Lantai 2 FPIK Unpatti, dari Tanggal 10 – 12 Januari 2024. Tim Auditor PT. Garuda Sertifikasi Indonesia yang berkesempatan hadir  Bapak Eko Sutrisno dan Bapak Satya Tripayana.

Kegiatan ini bertujuan untuk memverifikasi kesesuaian implementasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan dengan kriteria Kriteria Audit SNI – ISO 21001:2018. Penerapan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP) SNI ISO 21001:2018 di tingkat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan meliputi 6 program studi yakni Budidaya Perairan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Ilmu Kelautan dan Teknologi Hasil Perikanan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Agrobisnis Perikanan serta Proses Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Proses Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

SNI ISO 21001:2018 merupakan standar sistem manajemen pertama di tingkat internasional yang diperuntukkan secara spesifik bagi sektor organisasi Pendidikan. ISO 21001:2018 adalah untuk mengevaluasi apakah lembaga pendidikan telah memenuhi kebutuhan peserta didik dan penerima manfaat layanan pendidikan lainnya. Melalui pemenuhan klausul Standar ISO 21001:2018, lembaga pendidikan akan dapat menyediakan produk dan layanan pendidikan yang dapat memenuhi persyaratan yang diharapkan dari pihak-pihak berkepentingan.

Tujuan dan manfaat SNI ISO 21001:2018 adalah Penerapan suatu sistem harus dapat memberikan dampak dan manfaat positif bagi lembaga, begitu pula dengan penerapan Standar SNI ISO 21001:2018. Berikut kami paparkan manfaat penerapan SNI – ISO 21001:2018, baik manfaat secara umum maupun manfaat secara bisnis.

“Kegiatan yang dilakukan saat ini akan berlangsung selama 3 hari dan kami menyambut baik kedatangan dari Tim Audit di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura. Ada 6 program studi yang akan di audit, dan saya percaya ke enam program studi tersebut telah mempersiapkan diri untuk ada dalam kegiatan ini”, ungkap Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura, Dr. Y. Lopulalan, M.Si dalam membuka kegiatan tersebut.

Lanjut dikatakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura telah melakukan agenda rapat dalam rangka mengevaluasi seluruh aktivitas implementasi ISO 21001:2018 terkait dengan sistim manjemen organisasi pendidikan.

“Saya percaya dari rapat tersebut ada hasil yang didapatkan lebih banyak bersifat mikro dan observasi,” imbuh dekan.

Dr. Lopulalan menambahkan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura sudah menerapkan ISO dan hal ini tentu membawa dampak bagi peningkatan akreditasi. Proses audit yang dilakukan saat ini tentu memiliki tujuan tersendiri yaitu melakukan evaluasi secara continue dalam memperbaiki sistim yang telah dibuat.

“Memang ISO merupakan salah satu hal penting dalam mendukung akreditasi program studi maupun institusi. Kalau sudah menerapkan ISO maka secara otomatis akan memudahkan kita dalam memberlakukan standar-standar yang ditetapkan oleh Sistim Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan diberlakukan disetiap setiap unit yang ada di perguruan tinggi”, ujar dekan.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura saat ini sudah memiliki 3 program studi terakreditasi unggul dan karena itu dekan berharap semoga kedepannya ada 3 akreditas unggul lainnya yang bisa didapatkan untuk peningkatan mutu pendidikan di FPIK Unpatti.

Sukses selalu FPIK Unpatti

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#SNI-ISO21001:2018-FPIKUnpatti2024
#KampusOrangBasudara
#BerkembangDalamTantangan
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *