Pelepasan 34 Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka Unpatti 2023

UNPATTI- Universitas Pattimura gelar acara pelepasan 34 Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka periode 2023.Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat 22/12 bertempat di Aula gedung Rektorat Universitas Pattimura.

Kordinator Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Dr. Julieta A. B. Mamesah, M.Si dalam laporanya mengatakan ke 34 mahasiswa selama satu semester selain melakukan kegiatan perkuliahan umum namun juga melaksanakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yakni Modul Nusantara. Modul Nusantara sendiri adalah rangkaian kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan ruang perjumpaan antar mahasiswa, menambah pemahaman, dan pengendapan makna toleransi.

Diakhir sambutanya Mamesah mengucapkan terima kasih kepada Rektor serta semua pihak baik itu para dekan ketua program studi, serta dosen yang telah melayani ke 34 mahasiswa Inbound PMM selama mengikuti kegiatan di Universitas Pattimura serta mengucapkan selamat kembali ke Perguruan Tinggi Asal kepada ke ke 34 mahasiswa Inbound PMM.

Rektor Universitas Pattimura yang diwakilkan Penjabat Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Joseph Pagaya, M.Kes dalam sambutanya menyampaikan kepada ke 34 mahasiswa inbound bahwa haruslah dapat memaknai dengan baik tujuan dari mengikuti kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)  mulai dari awal menginjakan kaki di kampus orang basudara serta segala proses yang telah diikuti selama kurang lebih 4 bulan kiranya bisa menjadi pengalaman yang baik dan berguna ketika kembali ke kampus masing – masing.

Pagaya berharap semoga semua proses pendidikan terkait dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang telah dijalani di Universitas Pattimura bisa menjadi bekal yang berguna bukan hanya didalam bangku perkulihan tetapi juga menjadi modal yang kuat ketika menghadapi tantangan di masyarakat.

Salah satu perwakilan dari 34 mahasiswa Inbound PMM Muhammad Fauzan Alfath saat menyampaikan pesan dan kesan mengatakan “proses ini adalah proses yang sangat berharga baginya karena untuk pertama kalinya dia bisa belajar dan mengenal kebudayaan serta kearifan lokal yang ada di Maluku”

Fauzan mengucapkan terimaksih untuk Rektor beserta Para pimpinan serta para staf pengajar untuk semua proses yang telah dilewati selama kurang lebih satu semester ini, serta berharap kepada rekan – rekan mahasiswa 34 mahasiswa Inbound PMM agar tetap merawat kebersamaan ini walapun sudah kembali ke Perguruan Tinggi Asal.

Kegiatan pelepasan Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) periode 2023 diisi dengan suguhan seni tarian adat, penyerahan Sertifikat PMM dan cinderamata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *