Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd Resmi Dilantik

UNPATTI,- Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Pattimura Periode 2023-2027 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A di Graha Utama Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta Pusat pada Rabu, 29 November 2023.

Prof. Leiwakabessy dilantik bersama 2 pejabat lainnya yakni, Pustakawan Ahli Utama pada Perpustakaan Nasional  Republik Indonesia dan Pamong Budaya Ahli Utama Pada Kemendikbudristek.

Pelantikan Rektor Universitas Pattimura berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor : 65456/M/06/2023 tentang Pengangkatan Rektor Universitas Pattimura Periode tahun 2023-2027

Mendikbud Ristek RI Nadim Anwar Makarim dalam sambutannya mengatakan dalam 4 tahun terakhir sistem pendidikan dan ekosistem kebudayaan Indonesia mengalami transformasi yang sangat besar mulai dari jenjang persekolahan sampai pada jenjang perguruan tinggi karena Gerakan Merdeka Belajar dan Merdeka Budaya. Di Jenjang perguruan tinggi  diberikan  keluasan bagi para mahasiswa untuk belajar dan berjejaring diluar kampus. Saat ini sudah hampir 1 juta mahasiswa dari seluruh Indonesia yang mengikuti berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Survei yang dilakukan menunjukan bahwa para mahasiswa yang mengikuti program MBKM ini memiliki waktu tunggu kerja yang lebih singkat. Selain itu kita mendorong kemajuan kebudayaan untuk mengakselerasi penguatan dan perkembangan sistem seni budaya Indonesia salah satunya melalui Dana Abadi Kebudayaan yang telah mendukung ratusan seniman pelaku budaya dan komunitas-komunitas seni di Indonesia.

Berangkat dari capaian tersebut kita membutuhkan lebih banyak lagi penggerak Merdeka Belajar untuk meneruskan fungsi yang sudah kita lakukan, oleh karena itu, menteri berharap kepada prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd yang dilantik sebagai rektor Unversitas Pattimura Periode 2023-2027 dapat terus mendorong implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Berikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada mahasiswa dan seluruh sivitas akademika Universitas Pattimura untuk terus berkarya dan berinovasi,” ungkap menteri.

Menteri juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H., M.Hum selaku rektor Unpatti periode tahun 2019-2023 atas pengabdian dan dedikasi selama memangku jabatan sebagai rektor.

Diakhir sambutannya menteri berpesan kepada para pejabat yang baru dilantik dan seluruh ASN dalam lingkungan Kemendikbud Ristek agar senantiasa menjunjung tinggi profesionalitas dan memperkuat gotong royong dalam upaya mentransformasi sistem pendidikan. “Jadilah penggerak perubahan di unit kerja masing-masing. Terus semarakan langkah kita untuk meneruskan gerakan Merdeka Belajar dan Merdeka Budaya,” tutupnya.

Selamat dan sukses kepada Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam mengemban tugas selaku Rektor Universitas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#ProfDrFredyLeiwakabessyM.PdResmiDilantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *