Student Work Camp : Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan PSP; Produktifiti And Healing Activitie

UNPATTI,-  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menggelar Student Work Camp pada Kamis 16/11 di Aula Rektorat Universtas Pattimura,. “Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan PSP; Produktifiti And Healing Activitie” menjadi tema pelaksanaan kegiatan tersebut dengan menghadirkan narasumber Dr. Abdul Kahar, M.Pd selaku Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd saat memberikan sambutan mengapresiasi  kegiatan yang digagas oleh Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (PSP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti, yang menghadirkan narasaumber  Kepala Pusat layanan pelayanan Pendidikan Kemdikbudristek Dr. Abdul Kahar M.Pd yang akan memberikan berbagai informasi dan solusi bagi calon mahasiswa berprestasi untuk melanjutkan studi namun terkendala karena faktor ekonomi.

Dikatakan Maluku menjadi salah satu provinsi dengan tingkat kemiskinan yang tinggi padahal Maluku memiliki Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Laut yang melimpah. Program studi PSP telah mengagas kegiatan yang sangat bermanfaat ini, untuk melakukan sosialisasi sekaligus memberikan informasi peluang memperoleh beasiswa bagi  mahasiswa.

“Kita harus bisa menyasari input kita dari daerah (desa), karena kita harus memahami potensi perikanan di daerah- daerah (desa) di Maluku. Anak-anak tersebut  harus dididik supaya mereka nantinya diharapkan mampu dan memahami pengelolaan  sumberdaya perikanan, pertanian dan pariwisata dan sumberdaya alam lain yang tersedia untuk keberlanjutan hidup. Mereka harus belajar dan mereka harus diberi peluang menempuh pendidikan.  Pemerintah memberikan ruang dan memfasilitasi  anak-anak berprestasi namun memiliki kendala ekonomi. Oleh karenanya kegiatan hari ini akan memberikan berbagai masukan  terkait kesediaan pembiayaan oleh pemerintah,” Ujarnya

Prof Leiwakabessy berharap semoga output dari kegiatan ini dapat memberikan informasi sekaligus peluang bagi anak-anak Maluku berprestasi mengenyam pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,  Dr. Yoisye Lopulalan, S.Pi, M.Si  dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Alumni Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PSP  yang telah menggagas kegiatan Studen Work Camp. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter siswa SMA/MA/SMK yang berorientasi pada potensi sumberdaya alam yang ada di Provinsi Maluku khususnya potensi sumberdaya perikanan dan kelautan. “ Maluku  dengan potensi sumberdaya perikanan dan kelauatan yang melimpah harus didukung dengan sumberdaya manusia yang unggul dibidang perikanan dan kelautan sehingga mampu mengelola potensi kekayaan perikanan dan kelautan untuk kesejahteraan masyarakat Maluku.” ungkapnya.

Guna mendapatkan sumberdaya manusia yang berkompeten maka pendidikan memegang peran yang sangat penting, tetapi kendala ekonomi menjadi salah satu penghalang untuk siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun pada kesempatan ini, para siswa akan diberikan informasi terkait bagimana peluang untuk mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi sehingga dengan adanya beasiswa dapat membatu para siswa untuk menempuh pendidikan tinggi.

Dekan berharap, melalui kegiatan ini, para peserta mendapatkan informasi terkait  sumberdaya alam perikanan dan pengelolaannya, peluang mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi  serta pengenalan ruang lingkup Fakultas Perikanan dan Kelautan Unpatti. Ia juga berharap, para siswa  dapat memilih Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti sebagai tempat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Ketua panitia, Putri A.M. Talahatu, S.Pi dalam laporannya mengatakan banyak dari siswa maupun mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengakses informasi beasiswa terutama dibawah pembiayaan kementerian, untuk itu pada kesempatan ini Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek Dr. Abdul Kahar, M.Pd selaku narasumber akan menjelaskan dan memberikan iformasi bagaimana mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi. Pada kesempatan ini juga para peserta akan mendapatakn pengetahuan tentang sumberdaya perikanan dan kelautan sehingga harapannya, para peserta mampu menjadi generasi yang produktif. Kegiatan ini  diikuti oleh 48 sekolah SMA/MA/SMK di Kota Ambon serta perwakilan mahasiswa perguruan tinggi se-Kota Ambon.

Turut hadir dalam kegaitan ini, para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan dan Program Studi, para dosen dalam lingkup Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti.

#UniversitasPattimura                                                                                      
#HumasUnpatti
#StudentWorkCamp:ProductivityandHealingActivities

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *