Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital, Kerja sama Kominfo, Unpatti dan Pemprov

UNPATTI,- Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) bekerja sama dengan Universitas   Pattimura dan Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital yang dilaksanakan Rabu (15/11) di Auditorium Universitas Pattimura.

Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital bertemakan Peluang Kewirausahaan Digital dalam Membangun Perekonomian Maluku bertujuan  memajukan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dengan cara membina para pemuda Indonesia agar mampu membuat startup digital yang menyelesaikan masalah bangsa dan mampu bertahan hingga menjadi sebuah perusahaan yang berkelanjutan.

Headquarter & Curriculum Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kameswara M. Rafi, dalam sambutanya mengatakan Indonesia dengan potensi ekonomi digital yang besar, mencatat pertumbuhan yang signifikan di tahun 2023, dengan nilai ekonomi digital yang diperkirakan mencapai 82 miliar US Dollar pada 2023 dan proyeksi mencapai 360 miliar US Dollar pada 2030.

“Dengan potensi ini Indonesia menjadi panggung utama bagi inovasi dan pertumbuhan khususnya di Asia Tenggara. Sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, Indonesia saat ini sedang mengalami bonus demografi, yang menjadi keunggulan tersendiri, khususnya dalam mendukung ekonomi digital. Namun dalam era bonus demografi ini, tantangan selanjutnya yang perlu diatasi adalah masih kurangnya jumlah talenta digital di Indonesia. Oleh karena itu, upaya bersama perlu dilakukan untuk mendorong generasi muda, terutama mahasiswa Universitas Pattimura, agar dapat mengembangkan ekonomi berbasis digital’’tambahnya.

M Rafi berharap melalui kolaborasi antara 1000 startup digital menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi,  dan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Mari bersama-sama memanfaatkan potensi besar ini untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan, dan menjadikan Indonesia sebagai pemain utama dalam peta ekonomi digital global.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Maluku yang di wakili oleh Asisten III Setda Maluku Piterson Rangkoratat, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini sebagai salah satu wujud nyata kebutuhan pendampingan dan pemberdayaan untuk menjawab tantangan dunia digital kedepan. “Kita tahu bersama bahwa transformasi digital berperan besar bagi pertumbuhan ekonomi dalam menciptakan lapangan kerja baru, hal tersebut berpengaruh bagi para Startup Digital di Provinsi Maluku.” ujarnya.  

Piterson Rangkoratat berharap agar para peserta dapat memanfaatkan peluang ini dengan baik seiring makin majunya teknologi informasi.

Rektor Universitas Pattimura yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd, dalam sambutanya sekaligus membuka dengan resmi kegiatan ini, mengatakan bahwa jika ingin sukses ada beberapa hal yang harus di lakukan yakni mengejar segala informasi yang dapat menambah wawasan, memiliki rasa ingin tahu serta motivasi yang kuat untuk berkembangan, mau berjuang dan tidak mudah menyerah serta mampu berkompetisi di situasi apapun, mampu merancang sesuatu yang akan dicapai untuk masa depan.

Leiwakabessy berharap generasi milenial mampu berkompetisi di era digitalisasi ini, gali dan kembangkan bakat serta potensi diri sehingga mampu melihat peluang usaha yang ada.

Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital menghadirkan Ibu Stella Matitaputty, S.E, CFP selaku Keynote Speech dan dilanjutkan dengan beberapa pembicara  Dr. R.A. Aisah Asnawi, SE., M.Si Dosen FEBIS, Rahadian Bayu Ardana Selaku CTO & CO-Founder Mixture, Stella Matitaputty S.E, CFP selaku Sekretaris Gekrafs Maluku, Analis Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Pelindungan Konsumen, dan Layanan Manajemen Strategis OJK Maluku, dan dimoderatori oleh ITheophanny P. Th. Rampisela, S.Psi., M.Ed. selaku Kepala Pusat Bimbingan Konseling Universitas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#RoadshowGerakan1000StartupDigital,KerjasamaKominfo,UnpattidanPemprov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *