PEMBUKAAN JAMBORE SELAM NASIONAL KE XIII DAN KONGRES FORUM PENYELAM MAHASISWA KE IV INDONESIA

UNPATTI- Wakil Rektor Bidang Akademik dan Alumni Prof. Dr. Jusuf Madubun, M.Si membuka Jambore Selam Nasional ke XIII dan Kongres Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia dengan tema “Pesona Banda Naira” pada Kamis 19/10 di Aula Rektorat Universitas Pattimura.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan keindahan alam bawah laut Provinsi Maluku (Banda Naira), meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian ekosistem laut dan terumbu karang, menghadirkan pengalaman unik dan mendalam bagi peserta dalam menjelajahi kehidupan bawah air, mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan di Kepulauan Banda serta mengaktualisasikan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ketua Pattimura Diving Sociaty (PADIS) Hamdiani Saputri Hamid dalam laporannya mengatakan,  Jambore Selam Nasional ke XIII dan Kongres Forum Penyelam Mahasiswa Ke-IV Indonesia diikuti oleh 70 peserta dari 30 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada perguruan tinggi di Indonesia dan pelaksanaan kegiatan ini akan di mulai dari tanggal 19-28 Oktober 2023.

“Kongres forum penyelam dalam rangka pemilihan kepengurusan yang baru akan dilaksanakan selama  satu hari yakni hari ini, dan besok kita akan  melakukan Brief penyelaman yang dilaksanakan pada 2 tempat yakni di Kota Ambon pada dua lokasi yaitu Hukurila dan Pintu Kota, dan di Banda Naira dilokasi Lavaflow dan Pulau Hatta yang merupakan destinasi wisata bahari yang kaya akan keindahan alam bawah laut”, jelasnya. 

Dikahir laporannya, ia mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak atas dukungan baik moril dan materil untuk kelancaran proses kegiatan tersebut.

Pada kesempatan yang sama Ketua Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FOPMI) Akmal Yalid Perwira dalam sambutanya mengatakan kiranya dengan  kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk berbagi ilmu dan semangat guna melestarikan bahari di Indonesia dan sebagai ajang silaturahmi antar peserta dalam forum tersebut.

Akmal berharap momentum ini dapat memberikan kontribusi yang baik bagi Pelestarian ekosistem dan keindahan bahari serta memberikan dampak positif bagi mahasiswa maupun masyarakat.

Sambutan Penjabat Walikota Ambon yang dibacakan oleh Asisten Bidiang Administrasi Umum Ir. Rina Purmiasa mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah penting sebab dalam kegiatan tersebut dapat menyatukan para penyelam muda Indonesia untuk dapat berdiskusi terkait tentang berbagai perseoalan terkait ekosistem bawah laut Indonesia dan dapat mencari solusi dari persoalan tersebut.

Harapanya agar para peserta  Jambore Selam Nasional ke XIII dan Kongres Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia ini dapat memilik pengalaman yang tak terlupakan di perairan Ambon dan dapat memahami arti pentingnya menjaga ekosistem bawah laut.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka dengan resmi kegiatan tersebut mengatakan dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme diantara para peserta.

Madubun menambahkan Indonesia sebagai Negara Kepulawan ini memilik keanegaraman dan keindahan bawah laut yang harus dijaga, dieksplor serta dikelola dengan baik, karena jika sumber daya alam ini bisa dikelola dengan baik maka hal ini dapat menjadi sumber pendapatan nasional.

Prof. Dr. Jusuf Madubun, M.Si berharap dengan terselenggaranya kegiatan dapat membawa manfaat bagi para peserta serta dapat berdampak bagi kemajuan sumberdaya Laut Maluku.    

Jambore selam diharapkan dapat memberikan edukasi kepada para peserta tentang keberagaman hayati laut dan pentingnya menjaga ekosistem laut sehingga adanya peningkatan kesadaran lingkungan yang berdampak terhadapat keberlanjutan ekosistem terumbu karang dan ekonomi lokal.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian atribut jambore oleh Wakil Rektor Bidang Akademik kepada peserta.

Acara dilanjutkan dengan Kongres dan pemilihan kepengurusan Forum Mahasiswa Indonesia yang dilaksankan di Aula Fakultas MIPA Universitas Pattimura 

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Kepala Jasmani Kodam ( Kajasdam) XVI Pattimura, Kolonel Inf. Jocky Pesulima, Sos.

#universitaspattimura
#humasunpatti
#JamboreSelamNasionalkeXIIIdanKongresForumPenyelamMahasiswaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *