Universitas Pattimura menjadi Tuan Rumah ISMEI 2023

UNPATTI,- Universitas Pattimura menjadi tuan rumah Forum Ilmiah dan Pleno Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia ( ISMEI) ke XV, berlangsung di Aula Lt. II Gedung Rektorat Unpatti, Senin (16/0). Kegiatan yang mengangkat Tema “Masa Depan Ekonomi Indonesia”  akan berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 16-19 Oktober 2023 mendatang.

Badan Pimpinan Pengurus Pusat Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia, Febrian Satria Hidayat, S.M dalam sambutannya mengatakan pada awal tahun, foresight dari intelijen dunia menyampaikan bahwa di Tahun 2023 menjadi tahun yang gelap dan penuh ketidakpastian. “Jika kita korelasikan dengan keadaan saat ini, maka perekonomian dunia menghadapi ketidakpastian global karena kondisi geopolitik dunia, dimana terjadinya kepastian pasar yang tidak menentu, menipisnya cadangan sumber daya alam dan juga energi. Hal ini membuktikan bahwa selain sosial politik, konteks perekonomian selalu menjadi trigger/pemicu yang menarik dalam rentetan fenomena. Oleh karenanya, konteks perekonomian menjadi sangat penting untuk digaungkan” ujarnya. Dikatakan, selain dari sosial politik dan perekonomian, aktivis mahasiswa juga memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai sustainability kontrol. Ia berharap, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan sesuatu yang berkualitas untuk kemajuan ISMEI.

Gubernur Maluku, dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Maluku, Ir. Habiba Saimima, M.Si mengatakan, ISMEI merupakan organisasi yang fokus pada keilmuan tentang ekonomi dan pengkajian isu terkait problematika perekonomian, baik skala lokal, nasional maupun internasional. Sebagai organisasi mahasiswa yang mewadahi Senat Mahasiswa Ekonomi se-Indonesia, ISMEI bukan saja menjadi wadah perkumpulan ceremony, tetapi harus mempersiapkan regenerasinya melalui pengembangan potensi diri, sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan dengan penuh kesadaran, terencana, teratur, terarah dan bertanggungjawab. “Saya memberikan apresiasi dan selamat datang kepada peserta Forum Ilmiah dan Pleno Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesiadi Kota Ambon Manise, Provinsi Maluku. Saya berharap adanya peningkatan sinergitas antara kelompok masyarakat termasuk mahasiswa  dengan pemerintah, karena sinergitas yang terbangun secara baik akan sangat berpengaruh terhadap proses percepatan pembangunan secara nasional sehingga  para peserta dapat berbagi pengalaman dan sharing knowledge untuk merumuskan solusi terhadap berbagai tantangan ekonomi yang dihadapi oleh bangsa Indonesia “ ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan mengatakan “Forum Ilmiah ini harus menjadi ukuran kualitas mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis, berkomukasi, berkolaborasi, bernegosiasi, serta kemapuan dalam menyelesaikan masalah. Forum ini diharapkan menjadi tempat untuk berdikusi, bagaimana mahasiswa Ekonomi mampu melihat peluang, berinovasi dan menumbuhkan kreativitas serta mengoptimalkan potensi sumber daya yang ada di daerah masing-masing untuk menciptakan peluang usaha baru dan melahirkan pengusaha muda sehingga paradigma mahasiswa ekonomi tidak berfokus menjadi Pegawai Negeri Sipil ketika lulus, akan tetapi sebagai mahasiswa harus mampu berkarya dan menciptakan lapangan pekerjaan yang nantinya akan mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas masing-masing.” ungkapnya. Prof. Leiwakabesy berharap, melalui kegiatan ini akan melahirkan ide dan gagasan yang bermanfaat bagi pengembangan ekonomi bangsa.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Kepala Bappeda Litbang Maluku,  Ir. Enrico Rudolf Matitaputty, M.Tech, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti, Para Wakil Dekan dan Ketua Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti, Perwakilan Senat mahasiswa Ekonomi se-Indonesia, Badan Pengawas dan Konsultasi ISMEI dan para peserta Forum Ilmiah.

Selamat dan Sukses atas terselenggaranya Forum Ilmiah dan Pleno ISMEI ke-XV Tahun 2023. Hotumese!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#ISMEI-FEBISUNPATTI2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *