Pelantikan Pengurus Society Of Petroleum Engineers Universitas Pattimura dan Kuliah Umum SKK Migas

UNPATTI, Pelantikan  Pengurus Society Of Petroleum Engineers atau SPE Pattimura University Student (Fakultas Teknik) Periode 2023-2024 digelar Jumat 13/10 di Ruang Kuliah Umum Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

Society Of Petroleum Engineers atau SPE sendiri merupakan sebuah organisasi professional nirlaba di dalam dunia perminyakan dan gas yang bertujuan menghimpun para engineer di bidang perminyakan,   menyediakan  forum global bagi para profesional eksplorasi dan produksi minyak dan gas alam untuk bertukar pengetahuan teknis dan praktik terbaik.

SKK Migas mendukung berdirinya SPE Student Chapter Pertama di Indonesia Bagian Timur mengingat Universitas Pattimura telah meluluskan sarjana Teknik Perminyakan.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pattimura yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Wulfilla M. Rumaherang, ST, M.Sc, Ph.D dalam sambutanya setelah melantik kepengurusan,   menjelaskan bahwa organisasi perhimpunan engineer perminyakan,  baru dibentuk dan pertama di bagian timur  yakni  Provinsi Maluku. Rumaherang berharap dengan dilantiknya kepengurusan ini kiranya dapat memberikan informasi serta edukasi melalui forum serta diskusi-diskusi terkait agar dapat bermanfaat pagi pengembangan diri para mahasiswa di bidang migas dan memberikan peluang-peluang bagi pengembangan sumberdaya manusia maupun berbagai kegiatan yang terkait.

Pada kesempatan yang sama juga Vice Chairperson External SPE Balikpapan Section La Ode Hadi dalam sambutanya apresiasi atas kerjasama yang terbangun dengan pihak Unpatti dalam hal ini Fakultas Teknik Program Studi Perminyakan  sehingga kegiatan ini bisa terlaksana pada hari ini.  Beliau menjelaskan  bahwa Tujuan dari SPE ini adalah membentuk komunitas profesi Perminyakan yang didalamnya para anggotanya dapat dengan leluasa mengakses semua informasi terkait dengan  profesional eksplorasi dan produksi minyak dan gas alam. Lanjutnya, Society Of Petroleum Engineers atau SPE telah melakukan kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia dengan tujuan agar dapat menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dibidang Perminyakan dan Gas, serta setiap tahun memberikan bantuan beasiswa bagi para mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan dibidang perminyakan. La Ode Hadi berharap dengan dibentuknya Kepengurusan Society Of Petroleum Engineers atau SPE di Universitas Pattimura ini dapat menjadi wadah yang dapat memberikan sumbangsih pemikiran, serta secara berkelanjutan membangun forum-forum yang bertujuan memberikan edukasi kepada para Mahasiswa terkait dengan pengeksplorasian sumberdaya minyak dan gas baik di tingkat daerah, national maupun dunia.   

Kegiatan dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan tema World Energy Habit Human’s vs Natural’s Resource Of Energy. Kepala Staf Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku, Galih W. Agusetiawan menjadi narasumber dalam Kuliah Umum yang menghadirkan para dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Perminyakan, Teknik Kimia dan Teknik Industri.

Galih Agusetiawan, dalam pemaparan materinya menitikberatkan pada bagaimana  pemanfaatan sumber daya alam dan upaya Indonesia untuk mempertahankan ketahanan energy, terus berevolusi dan beradaptasi dalam pengembangannya. 

#UniversitasPattimura

#HumasUnpatti

#PelantikanPengurusSocietyOfPetroleumEngineersUniversitasPattimuradanKuliahUmumSKKMigas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *