Unpatti Gelar FGD dan  Penandatangan MoU Signing Ceremony

UNPATTI,- Universitas Pattimura terus berperan aktif dengan melakukan berbagai pendekatan dan aktivitas kerja sama dengan universitas di dalam maupun luar negeri guna meningkatkan sumberdaya manusia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berbagai kegiatan untuk mendukung pengembangan pendidikan. Salah satu kegiatan yang dilakukan yakni Focus Group Discusion (FGD) dan Memorandum of Understanding (MoU) Signing Ceremony, bersama 4 universitas dan 1 institusi dari Korea Selatan yaitu Sehan University, Kyungdong University, Jungwon University, Mokpo Science University, dan Busan Indonesia Center serta 8 universitas dari Indonesia bagian Timur yaitu Universitas Pattimura, Universitas Nusa Cendana, Universitas Khairun, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Timor, Universitas Cenderawasih, Universitas Papua, dan Universitas Musamus, Jumat 22 September 2023.

Selain dihadiri oleh delapan pimpinan universitas bagian timur Indonesia beserta delegasi, kegiatan yang  berlangsung di Hotel Santika juga dihadiri oleh para Pimpinan OPD Kota Ambon, para Wakil Rektor, Para Dekan, Ketua Senat, para Wakil Dekan, para Kepala Biro,dan koordinator kelompok kerja,  serta para tamu undangan lainnya.

“Hari ini merupakan momentum untuk memperkuat kerjasama dengan universitas-universitas di korea dan beberapa universitas di Indonesia sebagai tonggak sejarah dan pengubah arah (game changer) untuk mencapai kesepakatan-kesepakatan substansial di bidang akademik melalui diskusi dan penandatanganan nota kesepahaman. Era internasionalisasi saat ini mendorong kita untuk terus membangun kolaborasi akademisi antar universitas baik dalam maupun luar negeri dalam rangka pengembangan pengetahuan dan kemajuan sumber daya manusia. Sesuai dengan visi dan misi unpatti untuk menjadi universitas terkemuka, bersama dengan universitas-universitas di kawasa timur Indonesia  yang hadir pada hari ini, kita akan menjadi bagian dari pendidikan tinggi bertaraf internasional” ungkap Rektor, Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H.,M.Hum  saat memberikan sambutan 

Rektor berharap,  kolaborasi ini akan akan memberikan kompetensi dan kapasitas terdepan untuk dedikasi yang tidak tergoyahkan demi pengembangan kemajuan akademis terutama dalam sains, teknologi, teknik, matematika, budaya, sosial dan politik.

Penjabat Walikota Ambon Drs. Bodewin Wattimena M.Si dalam sambutannya berharap, FGD dan Penandatangan MoU dapat menghasilkan ide-ide brilian dan kerjasama yang dapat merubah paradigma pendidikan tinggi di Indonesia. “Mari bersama-sama berkomitmen untuk memberikan pendidikan tinggi yang bermutu, relevan, dan mampu menghasilkan lulusan yang siap bersaing di era global” tutupnya

Setelah Penandatangan MoU, acara dilanjutkan dengan FGD  yang dimoderatori oleh Wilma Latuny, ST., M.Si., M.Phil., Ph.D. Dalam FGD itu menyepakati kerjasama dalam mendukung tri dharama perguruan tinggi dan juga terkait dengan student exchange, join riset , kolaborasi dan pelaksanaan seminar-seminar internasional  dengan menghadirkan para dosen tamu, pertukaran pengajar dan penguatan sumber daya, pengembangan keilmuan sesuai dengan bidang yang difokuskan baik itu perikanan, kesehatan, sains, peternakan maupun pertanian.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Pattimura Dr. Muspida M.Si  dalam FGD tersebut, memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan kerjasama ini menjadi kesempatan bagi perguruan tinggi di kawasan timur melakukan kerjasama dengan empat universitas di Korea Selatan tetapi sekaligus juga penting dilakukan kerjasama antar perguruan tinggi di kawasan timur untuk bersinergi membangun kawasan timur dengan berbagai kerjasama sesuai dibidang keilmuan

Saat menutup kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik,  Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd mengatakan, momen ini membuat kita memiliki komitmen untuk  belajar displin yang dibangun oleh Korea Selatan, kerja keras serta membangun jaringan untuk berkolaborasi sehingga kita  maju bersama.

kegiatan yang dikoordinir oleh International Office Universitas Pattimura ini dilanjutkan dengan City Tour dan jamuan makan malam dari Unpatti maupun Pemerintah Kota Ambon untuk menjamu para peserta kegiatan ini.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#UnpattiGelarFGDdanPenandatanganMoUSigningCeremony

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *