Goes to Campus “Bersama Ikut Pemilu Untuk Cinta Indonesia

UNPATTI,- Direktorat Jenderal Komunikasi dan Informatika menggandeng Universitas Pattimura menggelar Kegiatan Sosialisasi Pemilu 2024 Goes to Campus pada Hari Kamis, 24 Agustus 2023 bertempat di Aula Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Pattimura.

Kegiatan tersebut bertujuan mengedukasi mahasiswa mengenai arti pentingnya Pemilihan Umum bagi keberlangsungan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara serta menghimbau kepada Mahasiswa “ Bersama Ikut Pemilu Untuk Cinta Indonesia”, hal senada ini juga menjadi tema pelaksanaan sosialisasi dimaksud.

Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si mengapresiasi baik atas terlaksana kegiatan ini, beliau mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangatlah penting mengingat Bangsa  Indonesia adalah Negara Demokrasi,  dan Pemilihan Umum adalah salah satu instrumen demokkrasi yang bertujuan menghasilkan Pemerintahan  yang bertugas mengatur, memimpin dan mengayomi bangsa ini 5 Tahun kedepan.

Madubun menambahkan mahasiswa memilik peran, pertama sebagai pemilih pemula haruslah menggunakan hak suaranya karena jika tidak, secara tidak langsung tidak ikut berkontribusi untuk menentukan jalannya pemerintahan 5 tahun kedepan berdasarkan konteks Demokrasi.

Kedua, peran Mahasiswa adalah dapat mengedukasi masyarakat tentang arti pentingnya pemilihan umum bagi kemajuan bangsa kedepanya. Peran mahasiswa yang ketiga adalah mengawal peroses pemilu agar dapat berjalan dengan baik.

Dr. Jusuf. Madubun, M.Si berharap kegiatan yang penting ini dapat diikuti dengan baik dan serius agar mahasiswa dapat memahami arti pentingnya Pemilihan Umum sebagai sebuah bentuk kecintaan kita kepada bangsa dan Negara ini.

Senada dengan hal itu  Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Bapak Usman Kansang dalam sambutannya sekaligus membuka dengan resmi kegiatan tersebut lewat aplikasi zoom mengatakan bahwa sebentar lagi kita akan memasuki tahapan Pemilihan Kepala Negara, Anggota Legislatif, maupun Kepala Daerah. Total Jumlah Pemilih tetap pada Tahun 2024 berdasarkan data KPU berjumlah 204.847 jiwa  pemilih milenial menduduki jumlah terbanyak yakni mencapai 60%.

Dikatakan, banyaknya jumlah pemilih milenial menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara dan peserta pemilu.  Tantangan tersebut antara lain perlu adanya literasi demokrasi,pendidikan demokrasi dan politik, dan bahaya penyebaran hoax.  Usman Kansang berharap mahasiswa sebagai generasi milenial dapat menyaring dan mencerna segala informasi dengan baik serta tidak menyebarkan informasi bohong / hoax serta dapat memakai hak politiknya dengan baik.

Kegiatan ini menghadirkan Ketua Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Provinsi Maluku Hanafi Renwarin, Influenser dan Konten Kreator Ambon Eko Saputra Poceratu, Dosen Fakultas Hukum Universitas Pattimura  Dr. Revency Vania Rugebregt, S.H, M.H sebagai Narasumber dan diikuti oleh 200 peserta yang merupakan mahasiswa Univeritas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#MemilihUntukIndonesia
#ForumSosialisasiPemilu2024GoestoCampus
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *