PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU (PKKMB) TINGKAT UNIVERSITAS TAHUN 2023

UNPATTI,- Universitas Pattimura melaksankan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKKMB) tahun akademik 2023/2024 dengan tema “Membentuk Mahasiswa Kreatif, Berkarakter dan Berbudaya di Era Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” Kegiatan ini dilaksankan secara luring di Aula Lantai II Rektorat Unpatti  dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom dan youtube unpatti chanel, Selasa (22/8).

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan orientasi pengenalan Dinamika serta proses pembelajaran di tingkat Perguruan Tinggi bagi Para Mahasiswa Baru.

Laporan Ketua Panitia, Fanny M. Anakotta., SE, M.Si, CMA mengatakan, kegiatan PKKMB Universitas Pattimura tahun 2023 dilakukan secara hybrid baik pada tingkat Univeristas, Fakultas maupun Program PSDKU dengan tagline, Beta Bisa, Ale Bisa, Katong Samua Bisa.

Lanjut dikatakan, tujuan dilaksakanannya PKKMB ini untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih capat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan perguruan tinggi. Untuk menjawab tujuan tersebut maka materi yang disampaikan dalam kegiatan PKKMB dirancang dengan berpedoman pada pedoman PKKMB tahun 2023 yang dikeluarkan oleh kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  baik pada tingkat Universitas, Fakultas dan Program PSDKU. Mahasiswa baru Universitas Pattimura yang terdaftar sebanyak 4889 mahasiswa, yang tersebar di 9 fakultas dan 2 program PSDKU. Penerimaan mahasiswa baru Universitas Pattimura dilakukan melalui jalur SNBP, SNBT, mandiri UTBK, Mandiri prestasi dan jalur afirmasi.

Beliau juga mengatakan, PKKMB akan dilaksankan tingkat fakultas dan program PSDKU pada tanggal 23-29 Agustus dan 5 Septemaber 2023 secara daring.

Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan mengatakan, Perguruan Tinggi sebagai jenjang pendidikan formal terakhir dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu berkontribusi dikehidupan nyata. Oleh karena itu mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mendalami disiplin keilmuannya saja tetapi harus memiliki kompetensi dan karakter penunjang seperti kemapuan komunikasi, kepemimpinan, kreativitas dan problem solving. Untuk membantu mahasiswa memperoleh kemapuan tersebut Kemendikbudristek telah menghadirkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan terobosan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa agar bisa belajar diluar kampus guna memperkaya pengetahuan dan pengalaman. Selamat datang didunia kampus, selamat menjalani babak baru dalam perjalan pendidikan, babak yang sangat menentukan masa depan diri sendiri dan hari esok bangsa kita. “Manfaatkanlah waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya teruslah belajar dan ikuti berbagai kegiatan untuk mengasah potensi dan bakat serta jangan ragu mengambil resiko mengenal hal-hal baru dengan semangat untuk terus mengembangkan diri. Bergabunglah bersama kami bergerak serentak  mewujudkan merdeka belajar kampus merdeka”. Tutupnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. F. Lewakabessy, M.Pd, saat membuka kegiatan menyampaikan “Hotumese menjadi Motto Univesitas Pattimura  yang bermakna berjuang untuk terus meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia apapun tantangan yang di hadapi”. Ada 3 hal besar yang diharapkan dari Era MBKM terutama bagi Mahasiswa TA 2023/2024 sekaligus mencapai IKU, Bagaimana membina sivitas akademika dalam pelaksanaan tridharma mampu beradaptasi dan memiliki daya saing, memiliki daya adaptasi dalam menghadapi perubahan zaman dan tantangan global ; meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan menciptakan lapangan kerja baru ; mampu bersaing di dunia Internasional.

Bahwasanya tujuan dilaksanakanya PPKMB untuk mempersiapkan mahasiswa baru untuk masuk dalam medan perjuangan di perguruan tinggi.

“Berharap para mahasiswa dapat mengikuti seluruh proses akademik dengan baik hingga nantinya 4889 mahasiswa baru, kurang dari empat tahun dapat menyelesaikan perkuliahan di Universitas Pattimura, dan seluruh proses PKKMB yang berlangsung dapat dilaksanakan dengan baik, humanis, menghindari kekerasan di kampus dan semua materi yang diberikan dalam kegiatan diharapkan dapat menangkal berbagai isu-siu radikalisme dan inteloransi serta pencegahan kekerasan seksual di kampus,  dan diharapkan  perguruan tinggi akan menjadi garda terdepan untuk menyiapkan generasi muda pemimpin masa depan bangsa” ungkapnya.

Beliau mengungkapkan bahwa sebagai mahasiswa tidak hanya harus belajar di kampus saja tetapi mampu untuk belajar dan mengasah kemampuan di dunia kerja agar memiliki keahlian dan dapat bersaing di dunia kerja dan bukan hanya itu melalui merdeka belajar ini, mahasiswa dapat dengan mudah belajar serta mengasah kemampuanya pada lapangan-lapangan kerja diluar proses perkuliahan.

Pemateri dalam PKKMB yakni, para wakil rektor, Kodam XVI/Pattimura, Polda Maluku, Sinode GPM, Keuskupan Amboina, Bank Mandiri, Ketua PPKS Unpatti, Pusat Studi Bencana dan Mitigasi Unpatti, GreenMetric Unpatti. Materi yang disampaikan berorientasi pada etika, dinamika kampus dan proses pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Serta moderator para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam lingkungan Universitas Pattimura.

Turut hadir, Ketua dan Sekretaris Senat, Direktur dan para Wakil Direktur Pascasarjana, para Ketua Lembaga, para Kepala Biro, para Kepala UPT, Ketua PSDKU, serta Rohaniawan.

Hotumese!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PengenalanKehidupanKampusMahasiswaBaru(PKKMB)TingkatUniversitasTahun 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *