ASEAN, Tantangan Global dan Peran Politik Luar Negeri RI – Kuliah Umum Politik Luar Negeri

UNPATTI,- Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bersama Universitas Pattimura  menggelar Kuliah Umum  Politik Luar Negeri dengan tema Asean, Tantangan Global dan Peran Politik Luar Negeri RI, pada Senin 21 Agustus 2023 di Aula Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Pattimura.

Tujuan Kegiatan Kuliah Umum ini adalah untuk mengedukasi dan memperkenalkan tentang apa itu  ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), berbagai tantangan global serta peran penting Indonesia dalam politik luar negeri kepada mahasiswa sebagai bagian dari NKRI.

Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Umum Prof. Dr. Jantje Tjiptabudy, SH., M.Hum dalam sambutannya sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Kuliah Umum, memberikan apresiasi atas terlaksannya kegiatan tersebut yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan  ulang tahun Kementerian Luar Negeri RI. Dikatakan Indonesia adalah bagian dari negara-negara ASEAN, dimana jumlah penduduk negara-negaranya tersebut kurang lebih enam ratus juta jiwa dan melebihi jumlah penduduk kawasan masyarakat ekonomi eropa. Tentunya posisi ASEAN membutuhkan strategi dan peran politik seluruh anggotanya termasuk Indonesia sehingga dapat  menjadi salah satu faktor yang sangat potensial dalam menjawab tantangan global .

Prof. Dr. Jantje Tjiptabudi, SH., M.Hum mengharapkan agar kegiatan kuliah umum  politik luar negeri dengan tema Asean, Tantangan Global dan Peran Politik Luar Negeri RI ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan agar mahasiswa ditingkat daerah dapat mampu memahami upaya – upaya serta kebijakan – kebijakan yang negara ini buat untuk menjawab tantangan – tantangan global.

Kegiatan tersebut menghadirkan Ibu Roos Diana Iskandar, Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia Kementerian Koordinatir Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai Narasumber dan beberapa tamu undangan yaitu Dr. Ivone Wattimena SH, MH selaku ketua bagian Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Pattimura, Evi Badilah SH MH selaku ketua pusat studi ASEAN Universitas Pattimura, Dr. Dyah Ridhul Airin Daties SH MH selaku sekertaris pusat studi ASEAN Universitas Pattimura dan Dosen pada Fukultas Hukum serta Mahasiswa Universitas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#KuliahUmum
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *