BI-UNPATTI Gelar Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah

UNPATTI,- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku menggandeng Universitas Pattimura menggelar Sosialisasi Edukasi kepada sivitas akademika Universitas Pattimura bertajuk CBP (Cinta Bangga Paham Rupiah) dan QRIS (Quick Response Indonesia Standard). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Pekan QRIS Nasional 2023 dan dilaksanakan di Aula Lantai II Universitas Pattimura, Senin (14/8).

Pekan QRIS Nasional merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah kantor perwakilan Bank Indonesia dan bertepatan dengan bulan Kemerdekan Indonesia.

QRIS atau QR Code Indonesian Standard merupakan salah satu inovasi sistem pembayaran Bank Indonesia melalui standarisasi QR pembayaran yang dapat digunakan baik oleh merchant ataupun pengguna untuk melakukan transaksi di berbagai aplikasi e-wallet, ataupun mobile banking. Pembayaran menggunakan QRIS tersebut mendorong transaksi lebih cepat, mudah, murah, aman dan handal (cemumuah). Melalui berbagai kebijakan dan penetapan fitur baru ini, Bank Indonesia bekerjasama dengan berbagai stakeholder melaksanakan sosialisasi intensif. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Rawindra Ardiansah saat memberikan sambutan. Beliau berharap, awareness serta akseptasi digitalisasi sistem pembayaran terutama QRIS, termasuk awareness CBP Rupiah dapat meningkat, serta dapat mendorong jumlah dari sisi pengguna, volume, dan juga merchant Qris di Provinsi Maluku dan mahasiswa sebagai agen perubahan dengan meningkatkan awareness serta akseptansi digitaliasi masyarakat umum terutama di lingkungan sekitarnya termasuk kampus.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Jantje Tjiptabudy, S.H., M.Hum dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan, QRIS merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan transaksi secara online dimana saja. Prof.Jantje Tjiptabudi  juga menekankan tentang pentingnya mencintai, bangga dan paham rupiah serta pentingnya menabung.

Diakhir sambutan, Prof. Jantje Tjiptabudi mengajak para mahasiswa untuk dapat membangun jiwa entrepreneur dengan mulai berwirausaha secara digital.                                               

Sosialisasi ini menghadirkan 2 narasumber yakni, Racman Saleh dengan materi CBP (Cinta Bangga paham Rupiah) dan Zefanya D. Lingga dengan materi QRIS (Quick Response Indonesia Standard).

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#BI-UNPATTIGelarSosialisasiCintaBanggaPahamRupiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *