FPIK Unpatti Meluluskan 130 Sarjana Baru

UNPATTI,- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura (FPIK Unpatti) kembali meluluskan 130 sarjana baru dalam acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Penggelaran Sarjana Dalam Rangka Wisuda Sarjana II Universitas Pattimura Periode Agustus 2023, yang berlangsung di Student Centre Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unpatti, Jumat (11 Agustus 2023).

Penyerahan Plakat dan Tanda Piagam Penghargaan dari Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Y. Lopulalan, M.Si diberikan kepada 21 lulusan yang dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude atas nama :

  1. Yuni Pattipeiluhu, S.Pi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, IPK 3,86
  2. Darul Al Muqaddam Tuaritta, S.Pi, Program Studi Agrobisnis Perikanan, IPK 3,81
  3. Jeaneth Wattimena, S.Pi, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, IPK 3,80
  4. Graciela Ivana Peea, S.Pi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, IPK 3,79
  5. Edward Simanjuntak, S.Pi Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, IPK 3,79
  6. Julita Tentua, S.Pi, Program Studi Agrobisnis Perikanan, IPK 3,78
  7. Agnes Regina Fau, S.Pi, Program Studi Budidaya Perairan, IPK 3,77
  8. Juliana Magdalena Sipahelut, S.Pi, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, IPK3,70
  9. Alya Nabila Latuconsina, S.Pi, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, IPK 3,70
  10. Detami Buton, S.Pi, Program Studi Budidaya Perairan, IPK 3,68
  11. Merna Sinaga, S.Pi, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, IPK 3,66
  12. Fadila Ely, S.Pi, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, IPK 3,66
  13. Jesima Putri Manik, S.Pi, Program Studi Ilmu Kalutan, IPK 3,64
  14. Fernando Geraldy Molle, S.Pi, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, IPK 3,64
  15. Brandon Jason Putiray, S.Pi, Program Studi Agrobisnis Perikanan, IPK 3,63
  16. Ahasyweros Warkey, S.Pi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, IPK 3,63
  17. Sri Rizky Mualo, S.Pi, Program Studi Ilmu Kalutan, IPK 3,61
  18. Nelma Wattimena, S.Pi, Program Studi Agrobisnis Perikanan, IPK 3,61
  19. Arini P. Widya Chakti, S.Pi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, IPK 3,60
  20. Meisye K. Lilitnuhu, S.Pi, Program Studi Ilmu Kalutan, IPK 3,57
  21. Momon Soetomo, S.Pi, Program Studi Agrobisnis Perikanan, IPK 3,57

Mewakili lulusan, Yuni Pattipeiluhu, S.Pi dalam sambutannya mengenang awal perjalanan pendidikannya di FPIK dan bertemu dengan teman-teman dari berbagai suku, agama dan budaya “Akhirnya melalui proses yang panjang, ketekunan, kerja keras, semangat tak kenal lelah dan doa dari keluarga tercinta sehingga kami semua sampai dititik ini. Kamu menyadari bahwa capaian yang kami peroleh saat ini tidak terlepas dari bantuan dan kebaikan hati dari para dosen”, ujarnya dengan penuh haru.

Ia menambahkan bahwa, “hari ini bukanlah akhir dari perjuangan, bukanlah pula akhir dari mimpi kita, akan tetapi adalah awal dari perjuangan yang telah menanti kita. Karena itu, tetaplah melangkah untuk bersaing dengan ribuan sarjana dari fakultas di universitas ternama lainnya, karena kami telah dibentuk dari fakultas ini untuk siap menyongsong masa depan yang akan datang “

Diakhir sambutannya ia mengucapkan terimakasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada para dosen, bapak/ibu pembimbing akademik, pembimbing serta penguji dalam penelitian kami. “Terimakasih atas segala upaya dan perjuangan yang telah dilakukan hingga menghantar kami pada titik ini. kami tidak dapat membalas segala kebaikan dan jasa, namun kami mencoba untuk menjadi mahasiswa/I yang membanggakan”, tutupnya.

Sementara itu, Dekan FPIK, Dr. Y. Lopulala, S.H, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, hari ini kita dapat menyaksikan bersama 130 lulusan sarjana baru pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang diyudisium dan nantinya akan diwisudakan pada Periode Agustus ini ke 130 sarjana baru saat ini merupakan lulusan terbanyak sejak masa kepemimpinan saya hinggat saat ini, dan dengan jumlah Cumlaude terbanyak.

“Hal ini sangat luar biasa dan patut diberikan apresiasi atas kerja keras dari semua unsur yang terlibat didalamnya. Sebagai pimpinan fakultas, saya merasa bangga karena jurusan dan program studi dapat bekerja dengan maksimal sehingga melahirkan lulusan sebanyak ini”, ujar dekan.

Lanjut dikatakan, dari sisi akademik saat ini memiliki kebijakan standar mutu pendidikan bahwa durasi masa studi mahasiswa hanya 4 tahun. Karena itu mahasiswa diharapkan agar dapat menyelesaikan masa studi tepat pada waktunya. Di Tahun 2023 FPIK telah memiliki 3 lulusan doktor, baik di dalam negeri maupun di luar negeri tetapi juga menghasilkan 1 Guru Besar dalam Bidang Ilmu Kelautan atas nama Prof. Dr. Ir. Yuliana Natan, M.Si.

Dekan berharap kedepannya FPIK dapat  melahirkan lulusan yang berkualitas dan berguna ditengah masyarakat, serta menghasilkan para guru besar yang terus bertambah di Universitas Pattimura.

“Jangan pernah berpikir dan bersaing untuk kedepannya menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), akan tetapi rubahlah mindset tersebut dan jadilah Entrepreneurship Muda yang berkualitas sehingga dapat mengembangkan sumberdaya perikanan dan ilmu kelautan bagi kesejahteraan bersama”, tutup dekan.

Kesempatan yang sama, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum mengatakan, peluang kerja saat ini sangatlah banyak, akan tetapi bagaimana para lulusan mampu untuk mengelola serta dapat menciptakan lapangan kerja.

“Sarjana perikanan harus dapat melihat peluang kerja dan mengambilnya untuk pengembangan ilmu yang diterima selama menempuh pendidikan di FPIK Unpatti. Sumber Daya Alam di Maluku khususnya di sektor perikanan harus mampu dikelola dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat”, ujar rektor.

Beliau berharap agar para lulusan dapat melahirkan karya dan inovasi terbaru ditengah masyarakat serta mampu meciptakan lapangan pekerjaan yang berkualitas.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada FPIK atas kerjasama yang sudah dibangun selama ini, dan kedepannya di masa kepemimpinan rektor yang baru maka FPIK akan terus berkarya dan bertumbuh serta melahirkan lulusan yang berkualitas”, tutup rektor.

Selamat dan Sukses bagi 130 lulusan baru FPIK Universitas Pattimura. Teruslah berkarya dan jadilah Entrepreneurship Muda yang berkualitas dan berguna ditengah masyarakat.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#YudisiumFPIKAgustus2023
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *