Antusias Mahasiswa ikuti Kuliah Umum “Peluang dan Tantangan Dunia Kerja Dalam Era Society 5.0”

UNPATTI,- Kementerian ketenagakerjaan menggandeng Universitas Pattimura melaksanakan kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Peluang dan Tantangan Dunia Kerja Dalam Era Society 5.0” pada Senin, 6/5 bertempat di Aula Rektorat Universitas Pattimura.

Society 5.0 adalah gambaran masa depan di mana teknologi digunakan untuk memberikan solusi bagi masalah sosial, meningkatkan kualitas hidup kita, dan membawa dampak positif pada masyarakat secara keseluruhan.

Tujuan dari kuliah umum tersebut adalah untuk mengedukasi mahasiswa selaku generasi muda agar dapat melihat peluang kerja serta mampu bersaing dan beradaptasi dengan dunia kerja di era Societty 5.0 tersebut.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutanya mengatakan pihak universitas sangat mengapresiasi kegiatan kuliah umum ini terutama untuk kesiapan Unpatti dalam mempersiapkan suplai sumberdaya manusia untuk bisa terserap didunia kerja.

Lanjut dikatakan,  dua sisi yang tidak bisa dipisahkan yakni bagaimana kita bisa mensuplai tenaga – tenaga kerja yang handal dan disisi yang lain aset kerja yang siap untuk menerima sumberdaya manusia kita, yang telah kita didik dan bina dengan pengetahuan, keterampilan, teknologi terutama karakter

hari ini kita akan dapat informasi melalui kuliah umum terkait Peluang dan Tantangan Dunia Kerja Dalam Era Society 5.0  oleh kepala Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan BapakMuchammad Yusuf  dan berharap para peserta  dapat mengikuti kegiatan kuliah umum ini dengan sungguh dan untuk mendapatkan informasi dan memanfaatkan semua peluang pada pasar kerja dengan kompetensi dan kualitas di berbagai bidang. “Kita akan melakukan kolaborasi kita dengan setiap instansi lain yang diketahui memiliki peluang – peluang untuk anak – anak ini mendapat pekerjaan di setiap waktu “  ujarnya

Rektor berharap kedepanya harus ada sebuah riset  bersama yang dilakukan terkait pasar kerja yang dikembangkan oleh para peneliti agar dapat mengetahui bagaimana peluang – peluang kerja yang betul – betul tersedia dan juga bisa melihat dan mempersiapkan sumberdaya manusia yang benar – benar terkoneksi dengan pasar kerja yang tersedia.

Kegiatan dengan pemaparan materi terkait Peluang dan Tantangan Dunia Kerja Dalam Era Society 5.0 dan mendapat yang dimoderatori oleh  Antusias mahasiswa terlihat dengan pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri. Kuliah Umum ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Natelda R. Timisela, S.P, M.P. Kegiatan ini diikuti oleh 500 orang mahasiswa dari semua fakultas di Universitas Pattimura.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr, Nur Aida Kubangun, S.Pd., M.Pd , Para Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa & Alumni, Para Guru Besar,  Kepala Bidang Pentalatas Dinas Tenaga Kerja Provinsi Maluku Donald. C. Sahetapy PLT Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon , Vedya Kuncoro, S.T, M.T, Kepala Biro AKPHM Ir. Daniel H. Nanuru, M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *