201 Medali dikalungkan bagi Pemenang Lomba OS MIPA

UNPATTI,- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimura menggelar acara penutupan  sekaligus penyerahan medali kepada pemenang kompetisi Olimpiade Sains Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tingkat SD, SMP, SMA se- provinsi pada Kamis, 18/04 di Aula Rektorat Universitas Pattimura.

Adapun bidang yang dilombakan antara lain untuk tingkat SD Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, untuk tingkat SMP Bidang Matematika, Fisika dan Biologi, sedangkan untuk tingkat SMA antara lain Bidang Fisika, Biologi, Kimia, Stastatik, Komputer, Astronomi dan Kebumian.

Ketua Panitia Olimpiade Sains MIPA Unpatti 2024 Dr. Ivonne Telussa, M.Si. dalam laporanya menyampaikan Penyelenggaraan Olimpiade Sains FMIPA 2024 meliputi tahap seleksi dan final untuk tingkat SD, SMP, dan SMA se-Propinsi Maluku,  dimulai pada tanggal 5, 6 dan 8 Maret 2024 yang berpusat pada dua lokasi yaitu Gedung Auditorium Universitas Pattimura dan Gedung Kantor dan Laboratorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimura. Telussa menjelaskan bahwa Jumlah peserta olimpiade sains FMIPA tahun 2024 sebanyak 3342 peserta yang berasal dari 330 sekolah pada 9 kabupaten kota di  Maluku, “ peserta pada Tingkat SD berjumlah 1468 siswa yang berasal dari 185 sekolah,  Tingkat SMP berjumlah 1130 siswa yang berasal dari 100 sekolah dan Tingkat SMA berjumlah 744 siswa yang berasal dari 45 sekolah. Dan dari seluruh peserta yang mengikuti kompetisi ini,  sebanyak 737 peserta berhasil masuk seleksi babak final dimana tingkat SD yang lolos berjumlah 330 siswa yang berasal dari 121 sekolah, tingkat SMP berjumlah 231 siswa yang berasal dari 66 sekolah dan tingkat SMA berjumlah 176 siswa yang berasal dari 28 sekolah’’, jelas Telussa.

Peserta yang berhasil mendapatkan medali  sebanyak 201 peserta dimana pada Tingkat SD Peraih medali Emas berjumlah 9 siswa, medali Perak berjumlah 25 siswa, medali Perunggu berjumlah  45 siswa jadi Total Peraih medali tingkat SD berjumlah 79 siswa. Pada Tingkat SMP Peraih medali tingkat SMP berjumlah 71 siswa terdiri dari medali Emas berjumlah 6 siswa, medali Perak berjumlah 24 siswa, medali Perunggu berjumlah 41 siswa sementara pada Tingkat SMA peraih  medali Emas berjumlah 9 siswa, medali Perak berjumlah 16 siswa, medali Perunggu  berjumlah 26 siswa Total Peraih medali tingkat SMA  berjumlah 51 siswa.

Di akhir laporannya Dr. Ivonne. Telussa, M.Si. Mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga kegitan ini bisa berjalan dengan baik serta menitipkan pesan kepada para siswa pemenang kompetisi tersebut agar Jangan Pernah Berhenti Belajar Karena Tiada Kata Akhir Untuk Belajar.

Pada kesempatan yang sama Plt. Dekan Fakultas MIPA Unpatti, Dr. Henry. Wattimanela, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pelaksanaan olimpiade ini telah menjadi agenda tahunan yang telah dilaksankan setiap tahun dan mengalami  peningkatan yang cukup siknifikan, ini menunjukan bahwa animo dari para peserta sangatlah luar biasa.

“Kegiatan ini sangatlah penting dalam rangka meningkatkan SDM kita dan juga menjadi modal persiapan diri  untuk kompetisi ditingkat nasional serta pelaksanaan olimpiade sains ini juga menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Wattimanela.

Wattimanela berharap agar dengan ajang ini bisa menjadi wadah untuk mengasah diri para siswa serta menghimbau bagi para peraih medali jang pernah berpuas diri teruslah mengasah agar siap untuk berkompetisi di tingkat yag lebih tinggi.

Sementara itu Rektor Universitas Pattimura yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd.,M.Si dalam sambutanya sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan tersebut mengatakan bahwa jika dievaluasi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dalam jumlah peserta yang mengikuti olimpiade ini, itu artinya bahwa Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sangat diminati pada siswa saat ini, dan ini menjadi penting karna kita tau bersama disaat ini adalah era IT, Digitalisasi. “Kita tidak akan menjadi Negara tertinggal jika kita memiliki kemampuan sains yang tinggi,oleh karenanya  kami ingin berterimakasih kepada kepala sekolah, para guru pendamping serta orang tua  yang telah memotivasi dan mendorong para peserta untuk bersaing pada Olimpiade Sains. Pimpinan universitas mengucapkan selamat kepada para pemenang serta berharap untuk meningkatkan semangat belajar, mengasah kemampuan sains karena kemampuan ilmu ini akan menjadi dasar untuk menguasai Ilmu dan berharap bukan hanya sebagai pengguna namun dapat menjadi perancang atau penemu teknologi di masa depan,” imbuhnya.  

Dr. Pieter Kakisina, S.Pd.,M.Si berharap agar kedepanya kegiatan – kegiatan seperti ini tetap terus berjalan serta kerjasama dan support  dari semua pihak tetap terus berlanjut sebagai sebuah bentuk kepedulian kita bagi kemajuan ilmu sains di Provinsi Maluku.

Selamat atas capaian Sebagai Juara. Hotumese!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *