86 Mahasiswa Ikuti Seleksi ON MIPA PT Universitas Pattimura

UNPATTI,- 86 Mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Pattimura mengikuti seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi – ON MIPA PT tingkat Universitas Pattimura pada Selasa, 19/03 di Auditorium Fakultas MIPA Universitas Pattimura.

ON MIPA Perguruan tinggi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek yang bertujuan mempromosikan dan meningkatkan daya tarik MIPA di kalangan Masyarakat; meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang MIPA, meningkatkan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa bidang MIPA, memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya dalam bidang MIPA untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang MIPA, mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi di bidang MIPA dan membangun basis data nasional mahasiswa bertalenta dalam bidang MIPA.

Empat bidang yang dilombakan yakni Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi dalam kegiatan ON MIPA tingkat Universitas.

Francis Y. Rumlawang, S.Si, M.Si dalam laporannya menjelaskan ON MIPA merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2009. “Setiap tahun kita tetap harus melakukan evaluasi maupun seleksi terkait dengan kegiatan ON MIPA PT ini dan berharap dalam tahun ini mengalami peningkatan,” ungkap Rumlawang.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nur Aida Kubangun, S.Pd., M.Pd,  dalam sambutan sekaligus membuka kegaitan tersebut mengungkapkan seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi atau ON MIPA PT bukan hanya menguji keterampilan teknis tetapi juga keterampilan non teknis.

“Kemampuan akademik baik yang kita miliki jangan sampai merubah karakter kita karena sebuah keberhasilan itu bukan saja dari kemampuan akademik kita tapi juga bagaimana kemampuan kita mengolah emosi, karakter agar kita bisa bersikap rendah hati itu yang sangat penting untuk seseorang dapat mengalami peningkatan dan kesuksesan dalam hidupnya,” Pesan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Kubangun berharap seleksi ini bisa berjalan dengan baik, jujur dan positif baik dari sisi penilaian serta tidak ditemukan hal-hal yang dapat menciderai proses kegiatan ini dan diharapkan melahirkan generasi muda  yang cerdas dan memiliki karakter yang baik serta generasi yang mampu berkompetisi bukan hanya di tingkat Nasional saja tetapi dapat berkompetisi di kancah internasional sehingga Visi Universitas Pattimura menjadi Universitas yang Unggul, Bersinar menuju World Class University  dapat terwujud.

Pada olimpiade ini total jumlah peserta 86 mahasiswa yang mengikuti lomba pada  masing-masing bidang yakni Bidang Biologi 15 peserta, Fisika 26 peserta, Kimia 23 peserta, Matematika 23 peserta dan yang lolos seleksi yaitu Bidang Biologi 5 Peserta, Fisika 5 Peserta, Kimia 5 Peserta, Matematika 5 peserta.

Kiranya para Mahasiswa yang lolos seleksi ON MIPA PT dapat membanggakan Universitas Pattimura di ajang regional maupun nasional.

Ayo torehkan prestasimu Mahasiswa Unpatti.

Hotumesse…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *