Penerapan Transglobal Leadership Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam Berbasis Landscape – Kuliah Umum Unpatti & KLHP

UNPATTI,- Penerapan Transglobal Leadership Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam Berbasis Landscape, menjadi tema pelaksanaan kuliah umum kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHP) dengan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, dan bertujuan untuk mengedukasi serta mensosialisasikan pengelolaan dan pemanfaatan hutan dan lingkungan dengan baik serta memperkenalkan program pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup tentang tata kelola dan pemanfaatan sumberdaya alam, (Kamis, 29 Februari 2024).

Kegiatan ini dirangkai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Universitas Pattimura yang bertujuan untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki, serta sebagai landasan penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terkait, dan guna mengembangkan kerja sama pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta program merdeka belajar kampus merdeka pada instansi para pihak.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M, IPU selaku Sekertaris Jenderal  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHP) beserta staf  dan kegiatan ini  penting bagi kita agar kita dapat menyadari sungguh bahwa peranan perguruan tinggi dalam menjaga kualitas lingkungan hidup sangatlah penting dilakukan’’, ujar Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutan sekaligus membuka acara Kuliah Umum.

Lanjut dikatakan berbagai informasi penting dari kegiatan ini akan menjadi referensi untuk pelaksanaan tridharma dan kajian ilmiah serta riset yang berkontribusi pada pengelolaan lingkungan kepulauan berkelanjutan, sehingga memberikan edukasi kepada mahasiswa dengan pemahaman yang mendasar tentang pentingnya pengelolaan lingkungan di pulau-pulau kecil. Hal ini hendaknya menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai aset bangsa calon pemimpin masa depan dalam menyikapi  berbagai tantangan  pengelolaan lingkungan hidup dan sumberdaya alam serta dapat memahami pentingnya  upaya-upaya mitigasi  dan adaptasi   perubahan iklim  dalam pembangunan rendah karbon dan berketahanan iklim.

Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M, IPU Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai narasumber menyampaikan materi terkait Penerapan Transglobal Leadership Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Dan Sumberdaya Alam Berbasis Landscape, Seacape terintegrasi.

Dr. Debby Pattimahu, S,HUT.,M.Si. bertindak sebagai moderator dan kegiatan ini  dihadiri oleh para Wakil Rektor, para Kepala UPT di lingkup Sekertariat Jenderal KLHK, Kepala Biro di lingkup Sekertariat Jenderal KLHK, Akademisi dan mahasiswa Universitas pattimura dan diakhiri dengan penanaman pohon bersama dalam rangka mitigasi perubahan iklim  oleh  Rektor, Sekjen, para Kepala Balai, pimpinan Fakultas pertanian, di lokasi Hutan Pela Gandong Universitas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#KuliahUmumUnpatti-KLHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *