Audisi PSM Hotumese Choir Unpatti kembali digelar

UNPATTI,- Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa (UKM PSM) Hotumese Choir Universitas Pattimura kembali digelar, dan berlangsung di Aula Lantai 2 Rektorat Universitas Pattimura, Jumat (1 Maret 2024).

Audisi dilakukan dalam tahapan yang diawali dengan pengisian data administrasi secara online, kemudian dilanjutkan dengan tahapan wawancara hingga pada tahapan olah vocal. Tujuan dari dilaksanakan audisi tersebut yaitu untuk mencari dan meregenerasi anggota baru.

“75 peserta dari  seluruh fakultas di Unpatti mengikuti audisi PSM Hotumese Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) universitas yang telah berjalan selama 13 tahun 7 bulan, kami sangat berterima kasih karena telah mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari pihak Universitas Pattimura untuk mengembangkan minat dan bakat dalam kelompok paduan suara,” ujar Ketua PSM Hotumese Universitas Pattimura, Yan Demian Tutkey dalam menyampaikan laporannya.

Ia juga mengatakan, paduan suara menjadi salah satu wadah, ruang dan tempat untuk berekspresi serta dapat meningkatkan kualitas bernyanyi, memperluas wawasan dan juga menambah pengalaman dalam berbagai berpartisipasi lomba paduan suara, baik ditingkat nasional maupun internasional. Sejak Tahun 2010 hingga 2023, Paduan Suara Mahasiswa Hotumese telah berkontribusi untuk mengharumkan nama Universitas Pattimura, baik tingkat nasional maupun internasional.

“Berbagai prestasi telah diraih atas dukungan dari pimpinan Universitas Pattimura dan juga Pembina PSM Hotumese yang telah mendampingi dan mengarahkan kami dalam berbagai hal. Proses Audisi PSM Hotumese merupakan agenda tahunan dengan tujuan mempersiapkan generasi selanjutnya untuk berbagai kegiatan universitas maupun berbagai jenis lomba,” imbuhnya.

Yan Tutkey berharap, dengan dilakukannya kegiatan ini maka akan melahirkan regenerasi PSM Hotumese yang baru sehingga semakin berkembang dengan meningkatkan semangat kebersamaan, kerjasama, sportivitas dan persaudaraan serta menjadi mediator bagi kemajuan perkembangan paduan suara dan dunia seni di Kota Ambon.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Aida Kubangun, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, ada 12 UKM yang ada di Universitas Pattimura dan salah satunya adalah PSM Hotumese.

“ Dalam bekerja tentu harus menggunakan HATI, karena HATI memiliki arti yaitu Harus, Akuntabel, Transparan dan Integritas Sebuah kata HATI juga memiliki makna yaitu melakukan sebuah tugas dan tanggungjawab dengan berhati-hati yang sesuai dengan arti tersebut, dan tentunya ini harus dimiliki oleh PSM Hotumese Universitas Pattimura, sehingga apa yang diharapkan bersama dapat tercapai dengan baik”, jelas Dr. Kubangun.

Beliau berharap, melalui kegiatan ini maka akan mendapatkan bibit unggul atau regenerasi yang lebih baik sehingga kedepannya dapat mengharumkan nama Universitas Pattimura di ditingkat lokal, nasional maupun internasional.

Sementara itu, Pembina PSM Universitas Pattimura, Prof. Dr. P. Kakisina, M.Si dalam arahannya mengatakan, PSM Hotumese adalah salah satu UKM Universitas Pattimura yang masih aktif hingga saat ini, dan patut diberikan apresiasi karena merupakan sebuah komitmen sehingga banyak prestasi yang sudah diraihnya.

“Kita patut berbangga karena PSM Hotumese Universitas Pattimura bisa membawa harum nama baik universitas dan juga mencetak berbagai prestasi, baik yang ada ditingkat nasional dan internasional. Prestasi ditingkat internasional membuat PSM Hotumese berada pada rangking 7 dunia (Kategori Gospel) dan peringkat 47 untuk kategori paduan suara terbaik di dunia,” ungkap Prof Kakisina.

Prof kakisina juga mengatakan, berbagai hal yang akan didapatkan ketika menjadi bagian dari PSM Hotumese Universitas Pattimura diantaranya adalah membangun sebuah kebersamaan, loyalitas, disiplin dan juga komitmen. Talenta yang dimiliki oleh para peserta audisi teruslah diasah dengan baik agar dapat mengembangkan diri dan kemampuan yang ada didalamnya.

Beliau berharap dengan terpilihnya para peserta nanti maka tanggungjawab yang diberikan harus dipertahankan dengan sebaiknya sehingga dapat mengharumkan nama Universitas Pattimura.

Hadir dalam kegiatan tersebut para peserta audisi PSM, para Pembina PSM Hotumese dan para Senior PSM Hotumese.

Selamat mengikuti proses Audisi PSM Universitas Pattimura Tahun 2024. Sukses selalu. HOTUMESE.

#Universitas Pattimura
#HumasUnpatti
#AudisiPSMHotumeseUnpatti2024
#BerkembangDalamTantangan
#KampusOrangBasudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *