Bidang Kemahasiswaan dan Alumni gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen bagi Mahasiswa Unpatti Penerima KIP On-Going

UNPATTI,- Bidang Kemahasiswaan dan Alumni gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen bagi Mahasiswa Universitas Pattimura Penerima Bantuan KIP Kuliah On-Going, yang berlangsung di Auditorium, Rabu (6 Desember 2023).

Kegiatan ini menghadirkan para narasumber antara lain Prof. Dr. Drs. Z. Rengifurwarin dengan materinya “Teori Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi., Dr. Stanislasius K. Ohoiwutun, M.Si dengan materi “Tori Organisasi”., Said Lestaluhu, S.Sos, M.Si dengan materi “Komunikasi Organisasi” dan Prof. Dr. Drs. Jusuf Madubun, M.Si dengan materi “Teori Pengambilan Keputusan”.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Jusuf Madubun, M.Si menyampaikan, kegiatan yang digelar saat ini merupakan program Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di Tahun 2023, yang diikuti oleh 400 mahasiswa Unpatti Penerima Bantuan KIP Kuliah On-Going Tahun 2021/2022. Kegiatan ini diselenggarakan dengan dasar bahwa mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa perlu dibekali dengan kemampuan kepemimpinan secara terus menerus sehingga memiliki dasar yang kuat untuk berkiprah, baik secara internal (di dalam kampus) maupun dilingkungan masyarakat. “Hal ini perlu dilakukan untuk nantinya seseorang dapat memiliki nilai keterampilan kepemimpinan melalui pembelajaran, pendidikan, tetapi juga proses praktek dalam kehidupan, karena bukan hanya berbicara tentang ilmu saja tetapi juga seni. Oleh sebab itu perpaduan antara teori dan praktek merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dan harus dimiliki oleh setiap mahasiswa,” ujar Prof. Madubun.

Beliau berharap, semoga materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat dimengerti dan diterapkan bukan hanya dilingkungan kampus dan manyarakat, tetapi juga di dunia kerja.

Sementara itu, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, kegiatan saat ini sangatlah penting dengan tujuan untuk mempersiapkan calon pemimpin bangsa yang berkualitas. Ada 4 aspek penting dalam mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pemimpin handal, yaitu (1) memiliki motivasi yang kuat, (2) memiliki kemampuan dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan pelatihan tetapi juga melalui informasi dari berbagai media sosial, (3) memiliki jiwa kompetisi, dan (4) memiliki strategi yang bisa dipakai dan dipelajari dengan baik. Rektor berharap agar para mahasiswa dapat menguasai materi yang disampaikan oleh para narasumber dengan baik, sehingga dapat diimplementasikan dalam dunia kerja tetapi juga diharapkan kedepannya menjadi wirausaha muda yang handal.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PelatihanKepemimpinanKIPOnGoing2023
#KampusOrangBasudara
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *