KUNJUNGAN WAKIL DUTA BESAR BIDANG POLITIK DAN EKONOMI  POLANDIA UNTUK INDONESIA, Mr. PIOTR FIRLUS

UNPATTI,- Rektor Universitas Pattimura Prof Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum dan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr. MF. Leiwakabessy, S.Pd menerima kunjungan Wakil Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Mr. Piotr Firlus tentang rencana kerjasama dalam bidang pendidikan antara Unpatti dan universitas-universitas di Polandia.

Rektor Unpatti dalam diskusi bersama dengan Mr. Piotr Firlus menyampaikan bahwa Universitas Pattimura adalah satu-satunya universitas negeri di Maluku dan memiliki 9 fakultas, 1 Program Pasca Sarjana dan  Program Studi Diluar Kampus Utama. Rektor berharap dengan adanya rencana kerja sama ini dapat menggagas program pertukaran dosen dan mahasiswa Unpatti ke Polandia dan sebaliknya.

Wakil Duta Besar Polandia juga menjelaskan bahwa mereka sangat senang karena jumlah mahasiswa dari Indonesia dan negara Asia lainnya yang melanjutkan studi di Polandia telah meningkat menjadi 3000-4000 orang per tahun dan jumlah mahasiswa terbanyak berasal dari Indonesia. Ia menyampaikan ketertarikannya untuk melakukan program pertukaran dosen dan mahasiswa terlebih khusus untuk fakultas Kedokteran, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pemerintah Polandia menyediakan program beasiswa kepada seluruh negara Asia yang dapat menjamin biaya pendidikan dan biaya hidup mahasiswa selama di Polandia. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa sebagai anggota Europe Union, biaya hidup dan pendidikan di Polandia jauh lebih terjangkau di banding negara-negara lainnya di Eropa.

Mr. Piotr Firlus dalam sesi wawancara menyampaikan rasa bahagiannya bisa berkunjung ke Ambon untuk pertama kalinya dan bertemu dengan Pemerintah Kota Ambon dalam hal Ini Walikota Ambon serta mengunjungi Universitas negeri terbesar di Ambon yaitu Universitas Pattimura. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa negara polandia adalah negara yang tepat untuk membangun kerjasama dalam bidang pendidikan dengan Unpatti. Di Indonesia, kedutaan besar polandia telah membangun kerjasama dengan beberapa universitas dan banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di Polandia dan ada juga beberapa mahasiswa Polandia yang melanjutkan pendidikannya di Indonesia melalui beberapa program beasiswa. Oleh karenanya itu Mr. Piotr juga sangat berkeinginan untuk membangun kerjasama dengan beberapa wilayah di kawasan Indonesia Timur dan yang terpenting adalah Provinsi Maluku, Kota Ambon, Universitas Pattimura.

Pada kesempatan itu  Beliau juga  mengunjungi Perpustakaan Unpatti yang dinilai sangat baik untuk mendonasikan beberapa buku tentang Polandia dengan harapan akan ada banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang negara Polandia dan di tahun depan dapat mulai membangun kerjasama antara Universitas Pattimura dan universitas-universitas di Polandia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *