Kemenkes RI Visitasi Rencana Pendirian Prodi Baru FK Unpatti

UNPATTI,- Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan visitasi lapangan dalam rangka Pendirian Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 1 FK Unpatti (Senin, 18 September 2023).

Visitasi merupakan salah satu tahapan pemberian rekomendasi kepada program studi baru yang akan di buka.

Tim Visitasi Lapangan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang hadir di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura antara lain drg. Arianti Anaya, MKM (Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan) dan Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes (Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan).

Kehadiran Tim Visitasi disambut hangat oleh Ketua Tim Pendirian Prodi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Unpatti, Dr. Johan Bruyif Bension bersama Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, Yuniasih Taihuttu, S.Si., M.Sc.

Di dalam kegiatan visitasi, Tim Kemenkes RI memberikan gambaran tentang latar belakang untuk dibukanya Program Studi Kedokteran Gigi, Validasi Persiapan FKG serta peninjauan langsung sarana prasarana dan Laboratorium (Klinik Prodi Kedokteran Gigi, Histologi dan Patologi Anatomi, Anatomi) untuk memastikan suatu calon prodi baru layak dan mampu untuk implementasi dalam standar pendidikan.

Mengawali sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd mengatakan, hari ini kita kedatangan Tim Visitasi Lapangan dari Kemenkes RI dalam rangka pendirian Prodi Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Perlu diketahui bersama bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura telah berdiri Tahun 2008, digagas sejak Tahun 2003 yang  pada saat itu mendapatkan pendampingan dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

“Seiring dengan berjalannya waktu, di Tahun 2021 kami mencoba untuk mengusulkan Program Studi Kedokteran Gigi di Universitas Pattimura, dan kami sangat bersyukur semuanya dapat berjalan dengan baik hingga sampai pada tahap visitasi dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Selain itu juga kami sudah memenuhi seluruh aplikasi pada SIAGA (Sistem Informasi Kelembagaan). SIAGA merupakan one stop service (layanan satu atap) perizinan kelembagaan perguruan tinggi, dimana proses pengusulan sampai keluarnya SK ijin dapat dilayani dalam satu sistem informasi,” ujar Prof Leiwakabessy.

Dengan kedatangan tim visitasi lapangan disaat ini maka Prof. Leiwakabessy berharap adanya masukkan dan juga support yang diberikan untuk mempercepat pembukaan prodi ini. selain itu juga kami berharap semoga di Tahun 2024 SK Pembukaan Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura bisa didapatkan sehingga membuka kesempatan untuk menerima mahasiswa baru.

“Karena seluruh persyaratan dan dokumen pendukung untuk membuka Prodi Kedokteran Gigi sudah kami penuhi semua”, tutup Prof. Leiwakabessy.

Selanjutnya visitasi ditutup dengan pemberian cenderamata dan sesi foto bersama.

Turut dalam kegiatan tersebut, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FK, Tim Task Force Pendirian Program Studi Gigi, Tim Gugusan Jaminan Mutu, Para Calon Staf Pendidik Program Studi Kedokteran Gigi dalam lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *