Unpatti Sambut 34 Mahasiswa Program PMM3

UNPATTI,- Acara penyambutan 34 Mahasiswa Inbound di Universitas Pattimura Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan ke-3. dilaksanakan Jumat 15 September 2023 di Aula Gedung Rektorat Universitas Pattimura. Program dengan moto “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya” adalah program  unggulan Kemendikbudristek.

34 Mahasiswa tersebut berasal dari 27 Perguruan Tinggi pada 14 Provinsi di Indonesia,  Universitas Malikussaleh Aceh, Universitas HKBP Nommensen Sumatera Utara, Universitas Medan, Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, Universitas Pasir Pengaraian Riau, Universitas Jambi, Universitas Lampung, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Universitas Jenderal Soedirman, STIE Totalwin Semarang, Universitas Muria Kudus, Universitas Gadjah Mada, Univesitas Tribuama Tungga Dewi Jawa Timur, Universitas Islam Kediri, Universitas Merdeka Malang, STIE Yapan Surabaya, STIE Mandala Jawa Timur, Universitas Airlangga,  IKIP Muhammadiyah Maumere NTT, Sekolah Tinggi Ilmu KEsehatan Gunung Maria Tomohon dan Universitas Muhammadiyah Kendari.

Para Mahasiswa ini akan memulai proses perkuliahan pada Program Studi yaitu Agroteknologi, Kehutanan, Manajemen, Teknik Industri, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Ilmu Kelautan, Ilmu Biologi, Budidaya Perairan. Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sosiologi, Kimia, Statistika, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Administrasi Publik dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dalam Laporan Koordinator PMM3 Dr. Juliaeta A. B. Mamesah, M.Si mengatakan salah satu flagship Program MBKM adalah Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang telah berlangsung 3 angkatan. Program PMM ini secara Nasional dianggap berhasil karena antusias dari mahasiswa yang terlibat dan Universitas Pattimura terlibat aktif dalam Program PMM. Dikatakan selain menerima mahasiswa Inbound, terdapat 122 Mahasiswa Unpatti yang lolos seleksi untuk belajar di 60 Perguruan Tinggi di Luar Unpatti (outbound) pada Angkatan 3 dan mereka berasal dari 8 Fakultas, yakni Fakultas Hukum, FEBIS, FISIP, FMIPA, FKIP, FPIK, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik.

“Kami menyambut para mahasiswa belajar di Unpatti selama 1 semester dan marilah kita bekerjasama agar moto ‘bertukar sementara bermakna selamanya’ dapat dicapai dengan penuh kegembiraan”, ucapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd saat memberikan sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan makna Hotumese ‘berkembang dalam tantangan’ yang menjadi motto Univesitas Pattimura hendaknya dipahami oleh 34 Mahasiswa PMM3 saat ini. Program MBKM yang menjadi kebijakan Kemdibudristek yang didalamnya ada PMM ini berdampak luar biasa bagi mahasiswa maupun dosen dalam menyatukan dan mengenal Indonesia, “Intergrasi, kebersamaan, mamahami kebhinekaan, sharing pengetahuan, aktulturasi social adalah hal-hal yang merupakan makna dari kebijakan ini sehingga kita memahami budaya yang beragam dan kondisi pendidikan yang beragam pula”, ujarnya.

Dikatakan Universitas Pattimura terbuka menyambut para mahasiswa yang akan belajar di kampus ini, dan berharap para mahasiswa dapat menyesuaikan diri dan mempelajari keunggulan dari Unpatti serta mampu melakukan riset kolaborasi dengan para mahasiswa unpatti terutama untuk tugas akhir nantinya serta dapat melirik peluang usaha sesuai keilmuan pada pusat-pusat unggulandi Maluku yang nantinya dapat dikembangkan dan dimanfaatkan bagi masa depan.

Prof. Leiwakabessy berharap semua proses pembelajaran yang dilakukan pada program-program studi ini dapat dilakukan dengan baik, sehingga nantinya para mahasiswa inbound mendapat pengalaman belajar selama 1 semester

“Selamat datang di Universitas Pattimura mari bergaul dalam suasana akademik yang kondusif berkualitas dan anda akan mendapatkan sesuatu yang bermakna selama di Unpatti, di Kota Ambon dan di Maluku dan berharap agar para ketua prodi dapat mengawal dengan baik berbagai aktifitas para mahasiswa inbound ini selama berada di Unpatti”, tutupnya..

Sunguhan seni mewarnai kegiatan penyambutan para mahasiswa ini.

Hadir dalam kegiatan ini, para wakil dekan Bidang Akademik, Para Ketua Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi, Pengelola MBKM Unpatti, Pengelola Asrama Unpatti.

Beli Cempeda di Pasar Mardika

Jangan Lupa singgah di Lapangan Merdeka

Kalian Mahasiswa PMM3 yang luar Biasa

Bertukar Sementara Bermakna Selamanya

Selamat Datang di Kampus Orang Basudara di Negeri Raja-Raja

Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *