KPU Goes To Kampus Unpatti

Unpatti,- Menyongsong gelaran pesta demokrasi 2024, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia menggandeng Universitas Pattimura dalam Kegiatan KPU Goes To Kampus, Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin 11/9 2023 di Auditorium Universitas Pattimura.

kegiatan bertujuan untuk arti pentingnya Pemilihan Umum serta mengajak generasi muda untuk berperan serta berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Pemilihan Umum di Tahun 2024.

Kepala Bagian Pendidikan Pemilih Setjen KPU RI, Arif Ma’ruf mengungkapkan bahwa  dilakukannya kegiatan untuk mengajak pemilih pemula dan pemilih muda untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan penyelenggaran Pemilu Tahun 2024. “Kita menyasar pemilih pemula dan pemilih muda untuk mengajak mereka ikut berpartisifasi  mesukseskan Pemilu 2024 mendatang. Dan hari ini kita awali di Provinsi Maluku,” kata Arif Ma’ruf. Selain itu, ini juga untuk mengkampanyekan bahwa pemilih pemula dan pemilih muda harus menjadi subjek pemilu yakni turut serta menjadi agen sosialisasi yang mampu memberikan pengaruh pada masyarakat untuk menyuarakan pentingnya menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024. Arif Ma’ruf menambahkan kegiatan ini akan dilaksanakan di sembilan provinsi, yang diawali dari Provinsi Maluku, berlanjt di Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Barat dan Sumatera Utara dan Pelaksanaannya dimulai sejak September sampai dengan November 2023. Kepala Bagian Pendidikan Pemilih Setjen KPU RI, Arif Ma’ruf mengharapkan melalui kegiatan ini, tingkat partisipasi mereka meningkat dalam setiap tahapan pemilu. Seperti tingkat partisipasi menjadi bagian dari penyelenggara pemilu, mereka mau mengecek dirinya sudah terdaftar sebagai pemilih apa belum melalui cek DPT online, dan bentuk-bentuk partisipasi lain.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH,  M.Hum pada kesempatan yang sama dalam sambutanya sekaligus membuka dengan Resmi kegitan tersebut menghimbau kepada Para peserta agar dapat menjadi duta-duta Demokrasi dalam artian bahwasanya para generasi muda dapat mendorong orang-orang disekitar, baik keluarga maupun masyarakat lainya untuk berpartisipasi penuh dalam pemilihan umum yang dilaksanakan di Tahun 2024. Saptenno menambahkan bahwasanya perbedaan itu penting namun perbedaan itu tidak harus membuat kita menjadi berseberangan serta mengarah pada sebuah konflik karna itu bukanlah arti sebenarnya dari sebuah kehidupan berdemokrasi “Berbeda pilihan itu penting tetapi bersatu, maju terus menerus membangun bangsa ini dalam dinamika demokrasi itu adalah hal yang mutlak kita laksanakan” ungkapnya. Rektor Universitas Pattimura berharap agar Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan agar dapat mengedukasi generasi mudah tentang arti pentingya Pemilihan Umum bagi kemajuan Bangsa di 5 Tahun kedepanya.

Kegiatan Tersebut menghadirkan Narasumber  yakni  Prof. DR. Jantje . Tjiptabudy, SH., M.Hum Wakil Rekktor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Pattimura, Almudatsir Zain Sangadji, Sh. Ketua Devisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Maluku, Dr. rer.pol. Mada. Sukmajati, S.IP., M.PP Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gaja Mada, serta dihadiri sekitar 200 mahasiswa Universitas Pattimura. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *