Peringatan HUT RI Ke-78 di Universitas Pattimura

UNPATTI,- Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dilaksanakan di Lapangan upacara Universitas Pattimura dan diikuti oleh para pimpinan Universitas, Fakultas, Lembaga, Pascasarjana, Sivitas Akademika, Tenaga Kependidikan dan para siswa sekolah Laboratorium Universitas Pattimura,  Kamis (17/8).

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H, M.Hum bertindak selaku Inspektur upacara. “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” menjadi tema peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-78 Tahun 2023.

Rektor menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nadiem Anwar Mukarim. Dikatakan bahwa, kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan itu masih kita teruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah kita gerakkan selama empat tahun terakhir dengan semangat gotong royong. Kolaborasi dalam menghadirkan transformasi telah melahirkan banyak perubahan terbesar dalam perjalanan dunia pendidikan di Indonesia.

Didukung dengan Permendikbudristek tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan, semua warga sekolah semakin terjamin haknya untuk belajar, berkarya, dan bekerja dengan aman dan nyaman. Gotong royong semua pihak, mulai dari kementerian, pemerintah daerah, warga satuan pendidikan, sampai keluarga, merupakan kunci dari penghapusan segala bentuk kekerasan di lingkungan pendidikan.

Untuk jenjang pendidikan tinggi, program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga telah berhasil mengubah hidup lebih dari 760 ribu mahasiswa. Kesempatan belajar di luar kampus, baik di industri, di sekolah, sampai di lingkungan masyarakat, memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi generasi muda Indonesia untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara.

Selengkapnya dapat dilihat pada: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/08/sambutan-mendikbudristek-pada-upacara-peringatan-hut-ke78-kemerdekaan-ri-tahun-2023

Dalam moment peringatan hari kemerdekaan tersebut, Rektor menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang telah memberikan dukungan dan kerjasama dalam membangun Universitas Pattimura selama 8 tahun periode kepemimpinan beliau. “Jika ada hal-hal yang kurang berkenan selama kepemimpinan ini mohon dimaafkan. Proses pemilihan rektor saat ini sedang berlangsung dan saya berharap seluruh sivitas akademika tetap menjaga ketertiban dan keamanan serta tidak memanfaatkan kesempatan untuk membuat hal-hal yang bisa menjerumuskan ke ranah hukum baik secara langsung maupun melalui media-media sosial” ujarnya.

Rektor berharap, para bakal calon  rektor yang sementara berproses agar dapat bertarung dengan penuh sukacita dan tidak menjatuhkan serta mendeskriditkan satu dengan lainnya karena lembaga ini adalah lembaga ilmiah yang berfikir, bertindak dan melakukan segala sesuatu harus secara ilmiah.

Dirgahayu Republik Indonesia “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” MERDEKA!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PeringatanHUTRIKe-78DiUniversitasPattimura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *