Staff Khusus Kepresidenan Beri Kuliah Umum

UNPATTI,- Staff Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Bidang Reformasi Birokrasi Prof. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak memberikan Kuliah Umum dengan tema “Strategi Pembinaan dan Penyiapan Sumber Daya Manusia Di Era Disrupsi” kepada mahasiswa Universitas Pattimura, berlangsung di Auditorium Unpatti, Senin (31/7).

Rektor Unpatti, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum. dalam menyampaikan sambutannya mengatakan  bahwa, perguruan tinggi memiliki peran penting untuk mempersiapkan mahasiswa di era Disrupsi, dimana era ini memungkinkan robot menggantikan pekerjaan manusia “Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi untuk dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tentangan era saat ini dengan melakukan berbagai kreativitas dan  inovasi” ungkap rektor.

Lanjut dikatakan, di era disrupsi menghendaki adanya perubahan, termasuk perubahan dalam proses pembelajaran, untuk itu pimpinan fakultas dan universitas kedepannya harus mengambil kebijakan strategi yang praktis dengan menyiapkan  kurikulum sesuai dengan era saat  ini.

Di akhir sambutannya, rektor mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Bidang Reformasi Birokrasi, Prof. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak yang telah bersedia menjadi narasumber pada Kuliah umum kali ini. Rektor berharap, dengan materi yang disampaikan mahasiswa  mendapatkan wawasan dan mempersipakan diri dalam menghadapi tantangan di era Disrupsi.

Staff Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Bidang Reformasi Birokrasi Prof. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak saat memberikan kuliah umum dengan tema “Tantangan PT Masa Depan dan Usaha Peningkatan Status UNPATTI menjadi PTN-BH”  mengatakan ada lima syarat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bisa menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) yaitu,  penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu, prinsip tata kelola yang baik, standar minimum kelayakan finansial, tanggung jawab sosial danPerguruan tinggi (PT) dapat berperan dalam pembangunan perekonomian. Ia juga mengatakan, dalam penyelenggaraan Tridharma PT yang bermutu, mahasiswa diharapkan mampu berprestasi secara  akademik dalam kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Ia Juga menambahkan terkait dengan strategi Pembinaan dan Penyiapan Sumber Daya Manusia Di Era Disrupsi Perguruan tinggi juga harus mempersipakan mahasiswa sejak dini untuk berfikir kritis dan tanggap terhadap perubahan untuk mempersipakan sumberdaya manusia yang unggul, kreatif dan berinovasi.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Jantje Tjiptabudy, S.H, M.Hum., Prof. Dr. S. E. M. Nirahua, S.H, M.Hum., Ketua LPPPM, Dr. Drs. Joseph Pagaya, M.Kes., Ketua PSDKU Kepulauan MBD dan Aru., oleh para mahasiswa baru tahun 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *