Fakultas Kedokteran Gelar The 1st International Conference On Health And Medicine

UNPATTI,- Fakultas Kedokteran Univerisitas Patimura menyelenggarakan The 1st International Conference On Health And Medicine dengan Tema “The Island Doctors : Overcoming Challlenges For Improved Health”,  berlangsung secara hybrid di Hotel Santika Ambon, Rabu (26/7).

Konferensi yang dilaksanakan selama 2 hari, 26-27 Juli 2023 ini bertujuan untuk,  Mendesiminasikan hasil penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan, khususnya kedokteran pulau, Membangun jaringan akademik dan penelitian serta Meningkatkan publikasi kedokteran dan kesehatan khususnya dibidang Islands Medicine atau Island Doctors

Konferensi yang diselenggarakan hari ini adalah konferensi internasional pertama Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura dengan tema “Dokter Pulau-Mengatasi Tantangan untuk Peningkatan Kesehatan”. Tema ini diambil didasarkan pada karakteristik Fakultas Kedokteran universitas pattimura, yaitu Islands Medicine atau Dokter Kepulauan” ungkap dr. Parningotan Yosi Silalahi, Sp.S.,FINA saat memberikan laporan.

Lanjut dikatakan, konferensi ini mendapatkan perhatian yang signifikan, ditunjukkan oleh jumlah peserta yakni, untuk presentasi lisan 70 peserta, presentasi poster 30 peserta. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada MAHRE.NET selaku mitra internasional dan seluruh mitra yang telah berkontribusi atas terselenggaranya konferensi internasional ini.

Mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, karakteristik wilayah Maluku yang merupakan provinsi kepulauan menjadi tantangan tersendiri di bidang kesehatan. Untuk itu, sebagai lembaga pendidikan, Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura sebagai Fakultas Kedokteran pertama di Maluku yang memiliki peran strategis melalui tridharma perguruan tinggi, secara sinergis, hal ini bertujuan untuk menghasilkan dokter-dokter berkualitas yang dapat berjuang untuk berkembang dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik di lingkungan kepulauan. Selain itu, salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengadakan konferensi internasional di mana pengetahuan, gagasan, dan praktik terbaik dapat memberikan dampak yang baik bagi pelayanan kesehatan di Maluku.

Prof. Leiwakabessy berharap, konferensi ini dapat memperluas jejaring keilmuan para peserta di tingkat nasional dan internasional. Harapnnya juga, konferensi ini dapat menjadi event tahunan dengan aspek kesehatan yang berbeda, dan Fakultas Kedokteran Universitas Patimura akan terus berupaya mengembangkan diri untuk meningkatkan mutu lulusan demi kualitas kesehatan yang lebih baik, khususnya di daerah kepulauan Indonesia.

Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Bertha J. Que, Sp.S.,M.Kes selaku Principal Speaker mengatakan Fakultas Kedokteran Universtas Pattimura didirikan pada Tahun 2008 sebagai Program Pendidikan Dokter dengan SK Dirjen DIKTI Nomor 2126/D/2008 Tanggal 11 Juli 2008. Program Pendidikan Dokter memulai perkuliahan setelah disahkan oleh Dirjen DIKTI pada 5 September 2008. Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura terdiri atas dua program studi, yaitu Sarjana Kedokteran dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter yang telah terakreditasi B (Sangat Baik) pada Tahun 2022. Fasilitas yang ada di FK Unpatti, yaitu Ruang Kelas, Aula, Laboratorium, Ruang Baca/Perpustakaan, Ruang CBT, Ruang OSCE, Ruang Musik, dan Tempat Olahraga. Karakteristik spesifik kurikulum FK Unpatti adalah Program Dokter Kepulauan. Lulusan diharapkan dapat memberikan kualitas layanan yang berkualitas bagi masyarakat yang tinggal di wilayah kepulauan. Ada 7 karakteristik didalamnya yaitu :

  1. Konsep Kehidupan Kepulauan (Antropologi, Psikologi, Sosiologi dan Klimatologi)
  2. Kedokteran Bawah Laut (Marine)
  3. Kedokteran Maritim
  4. Penyelaman Ilmiah
  5. Riset Kedokteran Wilayah Pesisir dan Bawah Laut serta Terapi Hiperbarik
  6. Telemedicine dan Sistim Pendampingan Jarak jauh
  7. Pengobatan Tradisional dan Herbal Daerah Pesisir

Konferensi ini menghadirkan, narasumber dari berbagai negara yang memiliki keahlian di bidang kelautan dan kesehatan maritim serta bidang ilmu terkait lainnya, yakni, Ir. Budi Gunawan Sadikin, CHFC,CLU (Minister Of Health Republic Of Indonesia., M Luisa Canals, Ph.D, Md (Maritime Health/Sanidad Health, University of Cadiz, Spain)., Prof.Dr.dr,M.Guritno Suryokusumo, DEA (University of Indonesia, Indonesia UPN Veteran Jakarta, Indonesia)., Prof. Dr. Hermien L. Soselisa, M.A (Pattimura University, Indonesia)., Prof. Dr. Jean Pujo ( Medical Director SAMU973-Technical Advisor at the Regional Health Agency, French Guiana)., Prof. Dr. Ilona Denisenko (International Maritime Health Association, Regional Medical Office, Moscow, Rusia)., Prof. Laszlo Szekely, MD, Ph.D (Karolinska University Laboratory, Stockhoim, Sweden., Laksamana TNI (Purn) Dr. de. Harmin Sarana, MM FS, SP. B,Sp,KL., Subsp, KT (K) (Collegium Chairman of the Assiciation of Marine Madicene Specialists (Perdokla)

#UniverasitasPattimura
#HumasUnpatti
#ConferenceOnHealthandMedicine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *