Prodi Doktor Ilmu Kelautan Gelar Lokakarya Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Kurikulum

UNPATTI,- Program Studi Doktor Ilmu Kelautan Pascasarjana Universitas Pattimura gelar Lokakarya Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Kurikulum, diikuti oleh para guru besar, dosen dan mahasiswa secara hybrid yang berlangsung di Ruang Ujian Lantai 3 Gedung Pascasarjana Universitas Pattimura, Kamis (20 Juli 2023). Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini Dr. James Abrahams, S.Pi, M.Si yang memaparkan Draft Visi Misi Program Studi dan Dr. Ir. Welem Waileruny, M.Si yang memeparkan Draft Kurikulum Program Studi.

Direktur Pascasarjana yang diwakili oleh Wakil Direktur Bidang Akademik, Dr. Maria Nindatu, M.Kes dalam arahannya mengatakan kegiatan  ini merupakan lanjutan dari FGD yang telah digagas sebelumnya oleh Program Studi Doktor Ilmu Kelautan. Kegiatan ini juga sangat penting dilakukan dalam rangka pengembangan program Studi Doktor Ilmu Kelautan kedepannya, dimana sejak bulan Agustus Tahun 2019 telah terakreditasi oleh BAN-PT dan  akan berakhir di bulan Agustus Tahun 2024. “Kami memberikan apresiasi kepada Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kelautan dan seluruh tenaga pendidik karena telah berupaya melaksanakan kegiatan ini,  karena Visi, Misi dan Kurukulum merupakan suatu arah yang sangat penting untuk pengembangan program studi kedepan”, ujarnya. Dr. Nindatu menjelaskan yang harus diperhatikan oleh program studi dalam pengembangan kurikulum, yaitu menetapkan visi dan misi, melaksanakannya sesuai dengan apa yang ditetapkan, melakukan evaluasi, hasil evaluasi tersebut dapat di Follow up untuk memperbaiki hal-hal yang sudah ditetapkan serta menjadi acuan untuk pengembangan kurikulum. Beliau berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan masukan dari para peserta sangat diharapkan untuk pengembangan program studi kedepan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, setiap kegiatan akademik pada masing-masing program studi tentu menggambarkan secara lebih jelas proses akademik untuk pencapaian target dan kriteria dengan cara pembenahan kurikulum. “Karena dari pembenahan kurikulum itulah kita akan membawa program studi mendapatkan output/lulusan yang dapat bekerja serta memberikan manfaat ditengah masyarakat dan institusi perguruan tinggi”, kata Prof. Leiwakabessy. Dikatakan juga bahwa, visi besar dari program studi ini adalah sebagai Pusat Unggulan IPTEK, Kelautan dan Tropis, dimana mestinya dapat melakukan kolaborasi dari seluruh proses pembelajaran, agar kedepannya unggul di Bidang IPTEK dan kelautan khususnya pada daerah tropis. “Hal ini perlu di gagas dalam semua struktur kurikulum mata kuliah ataupun riset yang nantinya akan dilakukan program studi ini. Dengan demikian jika dilakukan  riset maka akan melahirkan 3 hal yaitu pengembangan ilmu dasar bidang kelautan, mendapatkan sebuah gambaran tentang bagaimana antisipasi terhadap kelautan tropis dengan perubahan iklim, dan memiliki output yang dihasilkan untuk mengelola sumberdaya kelautan”,  ujarnya. Beliau berharap melalui kegiatan ini akan menjadi benang merah antara visi universitas dan program studi.

Selamat dan Sukses atas terselenggaranya Lokakarya Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu kelautan.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#LokakaryaProdiDoktorIlmuKelautan
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *