Pukyong National University Inisiasi FGD dengan PTN Mitra di Indonesia

UNPATTI,- Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim  Informasi Universitas Pattimura Dr. Muspida, M.Si dan Ketua Internasional Office Dr. Wilma Latuny, S.T, M.Si, M.Phil, Ph.D, IPM menghadiri kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang diinisasi oleh  Pukyong National University (PKNU) dari Korea Selatan bersama dengan beberapa perguruan tinggi mitra, dan dikoordinir oleh Universitas Negeri Semarang, 21-22 Juni 2023. Implementasi kerjasama  dengan Pukyong National University (PKNU), yang dikemas dalam bentuk Forum Group Discussion  dengan tema  Strengthening Collaboration Opportunities Between Indonesia-Korea HEls, to Enhance Education Excellence“, diikuti oleh 17 Perguruan Tinggi Mitra di Indonesia.

President of Pukyang National University, Prof. Dr. Youngsoo Jang saat menyampaikan sambutan memberikan apresiasi atas terlaksananya FGD dengan PTN Mitra di Indonesia. Yang memperkuat peningkatan mutu pendidikan tinggi, dan menjadi ajang pertukaran budaya, kolaborasi penelitian dan inovasi bersama.

Dalam FGD tersebut disepakati berbagai implementasi kerjasama dimana setiap perguruan tinggi diberi kesempatan untuk memberikan masukan terkait kerjasama yang akan dilakukan dengan PKNU. Beberapa Perguruan Tinggi pada kesempatan itu melakukan penandatanganan kerjasama dengan PKNU. Sedangkan Universitas Pattimura telah melakukan penadatangan Kerjasama dengan PKNU sejak 29 September 2022 pada saat kunjungan Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno ke PKNU Korea dan pada tanggal 4 November 2022, saat melakukan kunjungan keduanya.

Ada 3 implementasi kerjasama dengan PKNU yang akan dilakukan Universitas Pattimura dalam waktu dekat ini, adalah magang bagi mahasiswa Unpatti, Visiting Scholar bagi dosen Unpatti, serta permohonan pembicara bagi semintar Internasional archipelago Engineering yang akan dilaksanakan oleh Fakultas Teknik

Selain itu dalam FGD tersebut juga disepakati pengembangan program pertukaran mahasiswa, kolaborasi penelitian, serta pertukaran tenaga pengajar, pertukaran budaya dimana akan ada mahasiswa dari PKNU belajar kebudayaan pada setiap perguruan tinggi mitra dan sebaliknya serta penyelenggaraan berbagai kegiatan seminar internasiona serta berbagai topik yang terkait dengan langkah-langkah konkrit pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi antara Indonesia dan Korea Selatan.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi, Dr. Muspida, M.Si  saat ditemui menjelaskan Universitas Pattimura akan memanfaatkan kerjasama ini dengan mengirim mahasiswa magang dan Visiting Scholar  bagi dosen serta pertukan para pembicara pada seminar-seminar Internasional, dan kedepan berharap mahasiswa dari PKNU dapat belajar di Universitas Patimura. Dikatakan pula PKNU sangat fokus pada bidang perikanan dan kelautan dan hal itu sejalan bidang keilmuan di Universitas Pattimura.

Hal yang sama ditegaskan juga oleh Ketua International Office, Wilma Latuny, S.T, M.Si, M.Phil, Ph.D, IPM. Dikatakan bahwa sesuai arahan rektor Unpatti telah dilakukan seleksi mahasiswa untuk melakukan magang di PKNU dan diperoleh dua mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan yang akan mengikuti pertukaran pelajar di PKNU, disamping dua hal yang telah disebutkan di atas yaitu pengiriman salah seorang dosen untuk melakukan visiting scholar di PKNU dan mengundang pembicara utama pada seminar Nasional ALE (Archipelago Engineering) pada bulan juli 2023 di Fakultas Teknik Unpatti. Wilma berharap, kerjasama internasional yang terbangun dapat mendukung indikator kinerja utama Univeritas Pattimura. 

Tetap berkarya bagi kemajuan Unpatti.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PukyongNationalUniversityInisiasiFGDdenganPTNMitradiIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *