Roadshow “Peran Mahasiswa Dalam Pemberantasan Korupsi”

UNPATTI,- Wakil Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polri Novel Baswedan, S.Ik., M.H, dan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku Brigadir Jenderal Polisi Stephen M. Napiun, S.IK.,S.H,M.Hum, menjadi narasumber pada Roadshow: Presisi Cegah Korupsi “Peran Mahasiswa Dalam Pemberantasan Korupsi” yang  berlangsung di Universitas Pattimura, Rabu (14/6).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. F. Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutan mengatakan, tema “Peran Mahasiswa Dalam Pemberantasan Korupsi” yang diangkat pada roadshow hari ini sangatalah menarik. Mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan dapat mengubah paradigma masyarakat serta menciptakan budaya anti korupsi. Mahasiswa merupakan garda terdepan dalam memperjuangakan keadilan dan membangun integritas serta harus siap memberantas korupsi bukan cuma dilingkungan kampus saja, tetapi peran yang signifikan sesungguhnya ada ditengah masyarakat. Dengan menjadi agen perubahan, mahasiswa dapat melakukan kegiatan sosial, mengedukasi masyarakat, dan membentuk kesadaran akan pentingnya integritas, transparansi, mengawasi dan memberikan kritik yang konstruktif terhadap pemerintah dan lembaga-lembaga publik.Prof. Leiwakabessy berharap, mahasiswa univeristas pattimura dapat menjadikan gerakan pemberantasan korupsi sebagai suatu  gerakan bersama untuk membangun sinergitas antara mahasiswa atau akademisi, pemerintah dan masyarakat dalam upaya memerangi korupsi ”Saya percaya bahwa jika kita bersatu dan bergerak bersama, kita dapat meniadakan korupsi dan membawa perubahan positif bagi negara ini” ungkapnya.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku Brigadir Jenderal Polisi Stephen M. Napiun, S.I.K.,S.H,M.Hum memberikan materi terkait dengan “Peran Polda Maluku dan Mahasiswa dalam Memberantas Korupsi” menjelaskan, bahwa mahasiswa sebagai garda terdepan dalam mendukung lingkungan yang bebas korupsi haruslah dimulai dari diri sendiri. Penanganan korupsi tidak akan berjalan dengan optimal kalau hanya dilakukan oleh pemerintah atau polri saja, namun harus didukung oleh masyarakat termasuk mahasiswa. Ia berharap, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam pencegahan korupsi.

Wakil ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) POLRI Novel Baswedan, S.I.K., M.H, dalam materinya menyampaikan, korupsi saat ini menjadi salah satu masalah yang serius, dan harus menjadi perhatian bersama termasuk mahasiswa.  Mahasiswa harus benar-benar paham apa itu korupsi. Ia menjelaskan korupsi merupakan tindakan mengambil keuntungan dari yang bukan haknya, dan secara langsung merugikan keuangan negara, bahkan berdampak luas kepada masyarakat, dengan demikian mahasiswa diharapkan memiliki peran aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Mahasiswa bukan hanya belajar untuk mendapatkan pengetahuan saja tetapi harus membangun karakter yang jujur, disiplin, juga peduli agar  dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan memberikan solusi yang kreatif serta inovatif dalam praktek-praktek korupsi sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi yag lebih efektif” ungkapnya.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Roadshow“PeranMahasiswaDalamPemberantasanKorupsi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *