TINGKATKAN PROFESIONALISME GURU, PRODI TEKNIK INDUSTRI GELAR PKM DI SMA NEGERI 45 ASILULU

UNPATTI,- Program Studi (Prodi) Teknik Industri Universitas Pattimura menggelar serangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri 45 Maluku Tengah yang berada di Negeri Asilulu, Kecamatan Leihitu.

SMA Negeri 45 Maluku Tengah dipilih menjadi representasi dari sekolah-sekolah yang berada Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah yang jaraknya relatif jauh dari Ibukota Kabupaten maupun Ibukota Provinsi.

Berdasarkan observasi awal, Tim PKM Prodi Teknik Industri kemudian mengemas serangkaian kegiatan dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme para guru, salah satunya meningkatkan kecakapan untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tim PKM yang terdiri dari 8 Dosen Prodi Teknik Industri tersebut kemudian menyusun materi pelatihan, yakni Metodologi Penelitian Lanjut, Teknik Penulisan Jurnal, Strategi Publikasi Jurnal dan Pembuatan Website Sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas para guru dalam melaksanakan PTK dan kemudian menuangkannya kedalam bentuk artikel ilmiah untuk dipublikasikan. Selain itu, output dari PKM ini juga mendukung penjenjangan karir para guru, mengingat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya yang mewajibkan para guru melakukan publikasi ilmiah sebagai syarat kenaikan pangkat.

“Fokus pelaksanaan PKM Prodi Teknik Industri kali ini terkait dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang tentunya sejalan dengan semangat dari Dies Natalis ke-52 Fakultas Teknik UNPATTI, yaitu mengoptimalkan pengembangan SDM dan inovasi teknologi”, demikian dikatakan Dr. Hanok Mandaku, ST., MT selaku Koordinator PKM Prodi Teknik Industri UNPATTI saat menyambangi para guru SMA Negeri 45 Maluku Tengah sesaat sebelum kegiatan dimulai.

Rangkaian kegiatan diawali dengan prakata dari Kepala SMA Negeri 45 Maluku Tengah, Ny. M. Mahulette, S.Pd., M.Pd. Dikatakan “Sekolah kami merasa beruntung menjadi sasaran PKM Prodi Teknik Industri UNPATTI, karena memang materi yang akan disampaikan merupakan problem para guru dan sekolah kami. Kami berharap agar kami bisa membangun kerjasama seterusnya dengan Prodi Teknik Industri”, ujar Mahulette

Menanggapi harapan tersebut, Kaprodi Teknik Industri UNPATTI Daniel B. Pailin, ST., MT menyampaikan bahwa pada prinsipnya sebagai insan akademis, para dosen telah dibingkai dengan kewajiban melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu, ajakan untuk membangun kerjasama adalah langkah awal untuk kita membangun kolaborasi antara dunia perguruan tinggi dengan sekolah sebagai lingkungan industri jang menghasilkan produk jasa agar dapat bersama-sama mendorong peningkatan kualitas SDM di Provinsi Maluku. “Kami akan membantu SMA Negeri 45 Maluku Tengah ini dengan semua kapasitas yang dimiliki oleh Prodi Teknik Industri UNPATTI”, tegas Pailin.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber. Materi pertama tentang Metodologi Penelitian Lanjut disampaikan oleh Ir. Aminah Soleman, ST., MT., IPM dan Imelda Poceratu, S.Teol., M.Teol., M.Si, dilanjutkan dengan Teknik Penulisan Jurnal Ilmiah oleh Dr. Hanok Mandaku, ST., MT dan Mentari Rasyid, ST., MT, berikutnya Strategi Publikasi Jurnal Ilmiah oleh Wilma Latuny, ST., M.Si., M. Phil., Ph.D dan Victor O. Lawalatta, ST., MT., dan diakhiri dengan Pembuatan Website Sekolah oleh Daniel B. Pailin, ST., MT. Dan Johan M. Tupan, ST., MT.

Kegiatan PKM tersebut berlangsung kurang lebih 2 jam dan akhirnya ditutup dengan sesi foto dan santap siang bersama.

Sukses untuk pelaksanaan PKM. Terus bangun kemitraan dan kolaborasi sebagai wujud komitmen Prodi Teknik Industri kuatkan kualitas SDM dan mutu pendidikan di Maluku.

Hotumese

#UniversitasPattimura

#HumasUnpatti

#TingkatkanProfesionalismeGuru,ProdiTeknikIndustriGelarPKMDiSMANegeri45Asilulu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *