Program Studi Teknik Perminyakan (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Teknik Perminyakan (S1)

Kurikulum sarjana teknik perminyakan mempelajari matematika, kimia dan fisika. Selain itu juga ada kelas bahasa dan ekonomi di luar topik-topik khusus teknik perminyakan. Perlu diingat, karir teknik perminyakan menuntut kerja sama dalam tim, menulis laporan dan proposal, sehingga berkomunikasi adalah salah satu keahlian yang dibekali sewaktu kuliah.

Mahasiswa juga akan belajar mata kuliah teknik dasar sebelum melanjutkan ke mata kuliah yang lebih khusus, misalnya geologi, pengeboran, penyimpanan minyak, alur cairan, produksi minyak, dan analisa cadangan minyak.

Kuliah teknik perminyakan di luar negeri juga biasanya termasuk program magang, dimana mahasiswa bekerja mulai dari posisi operasional, membangun fasilitas, ikut dalam kegiatan pengamatan atau pengawasan, hingga pengeboran.

Prospek Kerja Program Studi Teknik Perminyakan (S1)

  1. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah teknik dibidang perminyakan dengan selalu berfikir logis dan dapat bekerja sama dengan baik.
  2. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam disiplin teknik perminyakan secara efektif baik formal maupun informal dalam kaitannya dengan sains dan teknologi serta industri dan kehidupan secara umum.
  3. Memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai teknologi dalam menyelesaikan masalah-masalah dibidang perminyakan berkaitan dengan eksplorasi dan eksploitasi minyak bumi dan gas alam.

Profil Lulusan Program Studi Teknik Perminyakan (S1)

Lembaga Konsultan (Tenaga Ahli: pengeboran, produksi, dan reservoir yang dapat bekerja di lapangan onshore, offshore, maupun di kantor)

Bidang Pemerintahan (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi)

BUMN (Pertamina, PT.PLN)

Perusahaan Minyak, Gas, Dan Panas Bumi Di Dalam Dan Luar Negeri (Perusahaan kontraktor, pelayanan minyak dan gas serta penyediaan peralatan perminyakan).

Pendidikan dan Penelitian (Dosen, Laboran, Teknisi, Peneliti)

Perbankan / Asuransi (Analis resiko terhadap kredit / klaim yang diajukan dalam kegiatan eksploitasi migas (underwriter).

Butuh Bantuan?
Skip to content