Program Studi Teknik Geologi (S1)

Keunggulan Program Studi Teknik Geologi (S1)

Disamping membentuk SDM dengan kompetensi umum bidang teknik geologi, orientasi keilmuan juga difokuskan pada wilayah laut-pulau (bukan hanya daratan tapi juga laut) dan aplikasi dalam eksplorasi minyak dan gas daerah kepulauan. Hal ini mendukung kegiatan-kegiatan tambang minyak dan gas lepas pantai dan laut dalam. Tenaga pendidik merupakan kolaborasi dengan program studi Teknik Geologi FITB ITB yang terkualifikasi Nasional dan Internasional dalam aplikasi dan pengambangan ilmu Teknik Geologi.

Kompetensi Lulusan Program Studi Teknik Geologi (S1)

Teknik geologi terbilang memiliki prospek kerja yang sangat banyak. Namun, kira-kira perusahaan seperti apa sih yang cocok untuk kamu?.Peluang karier yang biasanya menjadi pilihan utama bagi lulusan teknik geologi adalah yang berkaitan dengan sektor minyak dan gas. Hal ini karena kedua hal tersebut menawarkan gaji yang tidak main-main. Meski begitu prospek kerja teknik geologi tidak hanya sebatas itu saja, lho. Kamu tetap memiliki peluang untuk bekerja di berbagai bidang dan perusahaan lainnya. Berikut beberapa prospek kerja teknik geologi yang bisa kamu tekuni baik di dalam bidang pertambangan atau pun yang bukan.

Profil Lulusan Program Studi Teknik Geologi (S1)

  • Teknisi Tambang, Minyak dan Material
  • Ahli Sistem Informasi Geografis
  • Interpreter Seismik
  • Geologi Tata Lingkungan
  • Quality Assurance dan Quality Contol
  • Wirausaha
  • Dosen

Prospek Kerja Program Studi Teknik Geologi (S1)

  1. Memiliki kemampuan ilmu geologi yang berkompeten sehingga mampu mengidentifikasi dan menganalisa persoalan yang berkaitan dengan bidang mineral, energi, rekayasa dan kemaritiman.
  2. Memiliki kemampuan mengelola sumberdaya geologi dan bencana geologi yang mengacu kepada manajemen mutu dan berwawasan lingkungan.
  3. Memiliki kemampuan yang kreatif dan inovatif dalam menyumbangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk pembangunan bangsa dan negara.
  4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan keterampilan yang telah dimiliki ke tingkat yang lebih tinggi.
  5. Memiliki kemampuan untuk bekerja sama dan komunikatif, bercirikan kepercayaan diri yang tinggi, mandiri, jujur, menghargai perbedaan pendapat, mempunyai kepekaan sosial, dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang dinamis.
Butuh Bantuan?
Skip to content