Program Studi Statistika (S1)

Keunggulan Program Studi Statistika (S1)

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengumpulan data (sampling), pengolahan data, penyajian data, analisis data, dan pengambilan keputusan berdasarkan data. Kompetensi yang diajarkan dalam mencapai kelima tujuan tersebut meliputi Strong Basic Statistics (yakni kompetensi untuk data collecting, eksplorasi data, metode analisis data, teoritis, dan aplikasi teori serta metode yang dipelajari dalam kasus riil secara mandiri), Excellent Soft Skill (yakni kompetensi untuk komunikasi, adaptasi (team work, under pressure, inisiatif), entrepreneurship, integritas/kejujuran, dan manajerial), serta Computation Skill (yakni kompetensi data processing menggunakan software statistic, programming, dan simulasi).

Keunggulan bersaing kompetensi erat kaitannya dengan kreativitas, inovasi, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan tuntutan yang terus berubah di tempat kerja. Terkait hal tersebut, tiga bidang minat dikembangkan oleh program studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpatti yakni (1) Statistika Murni, (2) Statistika Terapan, serta (3) Aktuaria, Keuangan, dan Ekonomi dimana tentu saja untuk mewujudkan (visi) program studi yakni “Pada Tahun 2025 menjadi Program Studi yang unggul dalam pengembangan pemodelan statistika dan terapannya berbasis laut pulau, serta menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional”. Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Statistika (S.Stat).

Kompetensi Lulusan Program Studi Statistika (S1)

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi dari statistika sendiri adalah sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan. Tanpa analisis data yang akurat, pengambilan keputusan yang tepat tidak akan pernah bisa terjadi. Statistika banyak diterapkan pada berbagai disiplin ilmu, baik ilmu sosial ataupun ilmu pasti.

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Statistika (S1)

Prospek kerja lulusan Statistika sangatlah luas, karena hampir semua instansi membutuhkan seseorang yang mengerti bagaimana caranya memperolah dan mengolah data. Di sektor pemerintah, seorang lulusan prodi Statistika bisa bekerja di institusi seperti BPS dan BAPPENAS. Sementara itu di sektor swasta, lulusan Statistika memiliki kesempatan untuk bekerja di hampir semua industri mulai dari Keuangan, Perbankan, Manufaktur, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), bahkan Teknologi.

Profil Lulusan Program Studi Statistika (S1)

  • Data Scientist
  • Praktisi Statistik
  • Peneliti Bidang Statistik
Butuh Bantuan?
Skip to content