Program Studi Sosiologi (S1)

Keunggulan Program Studi Sosiologi (S1)

Dalam bidang Sosiologi, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan teoritis maupun aplikatif berbasis kepulauan yang dapat dimanfaatkan dalam mendukung para lulusannya dalam pasar kerja. Pembelajaran sosiologi selain belajar di kelas juga pembelajaran di lapangan yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Bahkan terdapat mata kuliah yang memang mebutuhkan praltek langsung turun di tengah-tengah masyarakat. Oleh sebab itu Program Studi Sosiologi memiliki laboratorium sosiologi yang langsung berada di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan pembelajaran di kelas ditunjang oleh sarana dan prasarana yang baik tetapi juga ditunjang dengan tenaga pengajar yang sudah sangat baik kualifikasinya. Dosen-dosen sosiologi memiliki 4 guru besar dan 50% Dosen memiliki starta S3. Outpun dari sosiologi juga cukup banyak yang tertampung di lapangan kerja, karena keilmuan sosiologi diperlukan oleh semua bidang.

Prospek Program Studi Sosiologi (S1)

Lulus dari prodi Sosiologi, kamu akan memeroleh gelar Sarjana Sosial (S.Sos) dan memiliki peluang untuk berkarir di bidang pemberdayaan sosial dan sumber daya manusia. Kamu dapat berkarir di berbagai lembaga pemerintah terkait, misalnya Departemen Sosial, Departemen Dalam Negeri, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan lain-lain. Di instansi swasta kamu juga punya kesempatan untuk berkarir di berbagai lembaga survey dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di berbagai sektor. Selain itu, lulusan Sosiologi juga bisa terjun ke ranah akademis menjadi pengajar dan peneliti.

Profil Lulusan Program Studi Sosiologi (S1)

  • Peneliti Survei
  • Juru Arsip
  • Blogger
  • Pekerja Kemanusiaan
  • Sosiolog
  • Teknisi Museum dan Konservator
  • Dosen (Secara Umum)

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Sosiologi (S1)

Mahasiswa memiliki sikap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, norma dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

Dalam pengembangan keilmuan, mahasiswa sosiologi akan menguasai konsep-konsep dalam bidang sosiologi , mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai kemanusiaan sesuai bidang keahliannya.

Selanjutnya mahasiswa sosiologi juga dapat memiliki kemampuan melakukan nalisis kuantitatif dan kualitatif dan dapat menunjukkan hasil rancangan dan operasional untuk mengantisipasi tantangan lokal dan global. Serta Memiliki kemampuan menjalankan usaha pengembangan masyarakat yang didasarkan pada kearifan lokal dan berwawasan global

Kompetensi Lulusan Program Studi Sosiologi (S1)

Mahasiswa program studi Sosiologi mempelajari interaksi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain dan pengaruhnya terhadap terbentuknya struktur sosial masyarakat. Mereka mencari penyebab perubahan situasi masyarakat, mengkaji akibat yang dihasilkan, dan mencari solusinya. Dengan cakupannya yang sangat luas, Sosiologi bisa dikerucutkan menjadi beberapa sub program studi seperti Sosiologi Industri, Sosiologi Lingkungan, dan Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Gender, dan lain sebagainya.

Butuh Bantuan?
Skip to content