Program Studi Pendidikan Geografi (S1)

Keunggulan Program Studi Pendidikan Geografi (S1)

Program Studi Pendidikan Geografi akan memberi layanan yang efisien, efektif adil, responsif, berdaya tanggap tinggi transparan dan akuntabel sehingga memberi kepuasan kepada peserta didik. Dan akan membentuk individu yang memeiliki kemempuan intelektual, inovatif, kreatif, adaptif dan visioner.

Program studi pendidikan gegorafi memposisikan diri sebagai salah satu komponen untuk menunjang FKIP unpatti menjadi center of exelence pengembangan pendidikan laut pulau, dengan kompetisi keilmuan dan kepakaran di bidang science dan pembelajaran FKIP dapat menjadi faktor determinan pengembangan laut pulau, sehingga menghasilkan individu yahng memiliki kapribadian yang tangguh dirincikan oleh keteladanan dalam bertindak dan berkarya, mentransformasi budaya laut pulau dalam sikap: memuliakan laut, menjunjung tinggi identitas keMalukuan dalam penghargaan, revitalisasi nilai seni dan budaya serta ilmu pengetahuan teknologi.

Prospek Kerja Program Studi Pendidikan Geografi (S1)

Lulusan prodi Pendidikan Geografi akan memeroleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dan dapat menjadi guru atau pengajar matapelajaran Geografi di SMP dan SMA. Dengan bekal kewirausahaan yang ditanamkan di bangku kuliah juga memungkinkan lulusan Pendidikan Geografi mendirikan wirausaha yang bergerak di bidang pendidikan, seperti bimbel atau les privat untuk mata pelajaran ini.

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Geografi (S1)

  • Ahli Sistem Informasi Geografis
  • Ahli Peta Geografi
  • Peneliti Geografi
  • Guru
  • Dosen

Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Geografi (S1)

Program studi Pendidikan Geografi mempelajari ilmu bumi beserta kehidupan yang ada di dalamnya. Geografi meliputi keadaan dan segala gejala yang terjadi di fisik bumi yang terbagi dalam atmosfer, lithosfer, dan hidrosfer, serta hubungan timbal-balik manusia dengan alam. Yang menjadi pembeda di prodi Pendidikan Geografi adalah materi pendidikannya. Jadi, tidak hanya mempelajari ilmu Geografi, tapi juga teori kependidikan yang meliputi metode pembelajaran geografi, manajemen pendidikan, dan evaluasi pembelajaran geografi. Lebih jelasnya, di prodi ini akan dipelajari bagaimana mengolah data geosfer dalam bentuk peta manual dan dijital untuk pembelajaran di sekolah. Juga akan dipelajari tentang kaitan antara aspek fisik dan sosial untuk menentukan keunikan suatu lokasi/wilayah.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Pendidikan Geografi (S1)

Mahasiswa memiliki sikap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, norma dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, menghargai perbedaan, mandiri dan berdisiplin. Dalam pengembangan keilmuan, mahasiswa akan menguasai konsep-konsep dalam bidang ilmu Geografi, menganalisis dan mengintegrasikan aspek Geografi Laut Pulau, mengembangkan IPTEK dan mengembangkan wirausaha dalam bidang Geografi, memiliki dasar pengetahuan, karakter pembelajar dan keterampilan dalam mempelajari berbagai aspek kehidupan yang bisa dikembangkan dalam bekerja dan berwirausaha serta melanjutkan studi untuk pengembangan kemampua keilmuan lebih tinggi.

Butuh Bantuan?
Skip to content