Program Studi Pendidikan Fisika (S1)

Keunggulan Program Studi Pendidikan Fisika (S1)

Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Pattimura adalah program studi yang membekali mahasiswa tentang ilmu dasar Fisika dan Pendidikan Fisika yang berbasis Laut Pulau agar mahasiswa menguasai secara mendalam konsep, struktur, materi dan pola pikir keilmuan fisika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan Pendidikan.

Mampu membuat desain penelitian pendidikan dan sains-fisika berbasis teknologi tepat guna ramah lingkungan laut-pulau secara berkelanjutan, serta mempublikasikan hasilnya. Mahasiswa mampu mengelola sumber daya pendidikan fisika, organisasi, dan mengomunikasikan hasil pengelolaannya secara bertanggung jawab kepada pemangku kepentingan.

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang Pendidikan dan sains-fisika untuk mengembangkan kewirausahaan. Pembelajaran bidang Fisika dan Pendidikan Fisika juga tidak hanya berbasis pembelajaran di kelas dan laboratorium tetapi juga pembelajaran secara kontekstual (lingkungan nyata) sehingga pengalaman yang diperoleh akan lebih luas.

Dalam proses pembelajaran tidak hanya pengetahuan yang ditingkatkan tetapi keterampilan dalam bidang Pendidikan Fisika dan Fisika juga diitingkatkan karena proses pembelajaran tidak hanya ditunjang oleh sarana dan prasarana yang mumpuni tetapi juga ditunjang dengan tenaga pengajar yang sudah sangat baik kualifikasinya. Dalam meniti karier, pengalaman yang diperoleh selama perkuliahan akan memberikan peluang kerja dan studi pada jenjang S2 (Magister) yang lebih luas karena tidak hanya pengalaman keilmuan yang diperoleh tetapi juga pengalaman berorganisasi dan manajemen melalui berbagai aktivitas kegiatan himpunan mahasiswa dan kepanitiaan dalam lingkup Prodi Pendidikan Fisika.

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika (S1)

  • Ahli Fisika
  • Guru Vokasi

Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika (S1)

Program studi Pendidikan Fisika akan mengajakmu untuk mempelajari mengenai ilmu fisika dan menerapkannya dalam konteks pendidikan dan pengajaran. Di sini kamu nggak hanya akan mengkaji fenomena-fenomena dan gejala alam tidak hidup seperti materi dan partikel, tapi juga diajak untuk memahami metode-metode pembelajaran fisika yang efektif pada siswa di berbagai jenjang pendidikan.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Pendidikan Fisika (S1)

Mahasiswa memiliki sikap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika, bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Prospek Kerja Program Studi Pendidikan Fisika (S1)

Untuk soal prospek kerja, seorang lulusan Pendidikan Fisika terbilang memiliki prospek kerja yang cukup mumpuni. Sesuai dengan namanya, prospek kerja utama dari program studi Pendidikan Fisika pastinya adalah menjadi seorang tenaga pendidik di bidang Fisika, dan jika kamu memang benar-benar tertarik untuk berkarir di bidang ini, kamu bahkan bisa memulainya sejak bangku kuliah, lho. Banyak banget mahasiswa Pendidikan Fisika yang sudah bisa bekerja mandiri dengan menjadi tenaga-tenaga pengajar Fisika di lembaga-lembaga bimbingan belajar.

Butuh Bantuan?
Skip to content