Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)

Keunggulan Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pattimura adalah program studi yang menghasilkan lulusan yang kompeten yaitu yang memiliki soft skill dan hard skill lebih tinggi di antara lulusan lain, dapat menjadi pionir dalam berbagai aspek khususnya yang berkaitan dengan pengembangan Pendidikan Biologi. menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dalam pengertian sekedar pandai, tetapi lebih dari itu, memiliki sikap tanggap, cekatan, cerdas, mampu mencerna dan merespon informasi secara cepat kemudian mampu mengejewantahkannya dalam tindakan nyata.

Prospek Kerja Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)

Program studi Pendidikan Ekonomi selalu menjadi prodi favorit hingga saat ini, karena sejak dulu prodi Ekonomi terkenal dengan prospek kerja lulusannya yang luas. Mulai dari ruang lingkup besar seperti negara, hingga ke ruang lingkup yang lebih kecil seperti perusahaan, selalu bersinggungan dengan aspek ekonomi. Namun sebenarnya ilmu Ekonomi sangatlah luas dan banyak memiliki cabang ilmu, dan lulusan prodi Ekonomi dipersiapkan untuk menjadi analis keuangan, analis kebijakan ekonomi, perencana pertama, peneliti, dan tenaga pendidik di bidang ekonomi.

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)

  • Ekonom
  • Juru Taksir
  • Guru
  • Akuntan
  • Dosen

Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)

Pendidikan Ekonomi adalah Program Studi pada konsentrasi dari gabungan Pendidikan yang berarti pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian, sedangkan Ekonomi mempelajari kegiatan manusia. Dalam ilmu Ekonomi terdapat dua bagian yang akan di pelajari, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi makro lebih menekankan topik pembahasan pada situasi ekonomi global dan sebuah negara. Seperti volatilitas nilai kurs, kebijakan moneter dan fiskal, dan pembangunan infrastruktur. Sedangkan ekonomi mikro mempelajari situasi ekonomi tataran individu dan perusahaan, tentang strategi bisnisnya, dan tentu saja kinerja perusahaan.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)

Mahasiswa memiliki sikap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, norma dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, menghargai perbedaan, mandiri dan berdisiplin. Dalam pengembangan keilmuan, mahasiswa memiliki kemampuan untuk merencanakan, melakukan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran ekonomi, memiliki kemampuan dalam menerapkan etika dan tanggung jawab profesi guru dan mampu menciptakan usaha yang sesuai dengan perkembangan dunia bisnis.

Butuh Bantuan?
Skip to content