Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (S1)

Keunggulan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (S1)

Program Studi Pendidikan bahasa Jerman yang mampu menghasilkan output yang berkualitas yang mampu berperan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Jerman, dan mampu berkompetisi dalam era globalisasi. Program Studi pendidikan Bahasa Jerman membekali mahasiswa dengan pengetahuan dalam bidang kebahasaan, pendidikan, dan bidang professional lainnya (pariwisata, gastronomi, enterpreunership).

Pembelajaran bahasa Jerman difasilitasi dengan berbagai sarana yang memadai dan pengajar yang professional. Di samping itu tawaran beasiswa untuk kursus di Jerman dan melanjutkan studi baik di Indonesia maupun di Jerman. Program Studi memiliki Himpunan Mahasiswa yang memberikan kontribusi untuk pengembangan pengalaman berorganisasi dan berpartisipasi dalam kegiatan – kegiatan mahasiswa di tingkat lokal dan nasional.

Prospek Kerja Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (S1)

Setelah lulus dari prodi Pendidikan Bahasa Jerman, alumni nya tidak hanya dapat berkiprah sebagai guru Bahasa Inggris di lembaga pendidikan formal saja, tapi juga lembaga pendidikan informal seperti bimbel atau kurusus Bahasa Jerman. Lulusan Pendidikan Bahasa Jerman juga dapat melanjutkan pendidikan pascasarjana untuk dapat memeroleh gelar master dan menjadi dosen. Namun tidak hanya di dunia pendidikan, kiprah lulusan prodi ini juga dapat berkarir sebagai penerjemah, tour guide, dan berbagai Prospek lainnya yang menuntut keahlian berbahasa Jerman.

Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (S1)

Tujuan Pendidikan pada program studi pendidikan bahasa Jerman diarahkan utuk menghasilkan lulusan dengan profil sebagai berikut:

Pendidik bahasa Jerman yang memiliki kualifikasi setara minimal B1 sesuai Gemeinsamer Europäischer Referenzrahmen (GER);

Komunikator dalam bidang bahasa Jerman.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (S1)

Mahasiswa dapat Menguasai konsep keterampilan dan unsur kebahasaan dalam bahasa Jerman pada level bahasa B1+, konsep dasar linguistik bahasa Jerman, didaktik metodik pembelajaran bahasa Jerman, dasar penelitian pembelajaran bahasa Jerman, Negara, budaya dan sastra Jerman dalam pembelajaran. Disamping itu mahasiswa menguasai konsep dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa Jerman khususnya pariwisata dan pegiat kantoran. Terampil dalam pelayanan jasa dan produk yang berkaitan dengan bidang perkantoran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Mahasiswa memiliki sikap Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religious, Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan, nasionalis, Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Jerman secara mandiri, Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dan Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEK

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (S1)

  • Guru Bahasa Jerman
  • Penerjemah
  • Tour Guide
Butuh Bantuan?
Skip to content